Panglima Santri Akan Wujudkan Pesantren Layak Santri

- 14 Desember 2021, 08:09 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruhzanul Ulum akan segera wujudkan pesantren layak santri, Jabar akan bentuk Majlis Masyayikh tingkat Provinsi.
Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruhzanul Ulum akan segera wujudkan pesantren layak santri, Jabar akan bentuk Majlis Masyayikh tingkat Provinsi. /PRITIM PRMN/EDI MULYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Panglima Santri sekaligus Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menyebut Pemerintah Provinsi Jabar akan segera membentuk Dewan Pengawas Pesantren (DPP) atau dapat pula disebut sebagai Majlis Masyayikh.

"Adanya DPP sangat penting guna meningkatkan pengawasan terhadap pondok pesantren di Jabar."kata Uu Ruhzanul Ulum kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Senin 13 Desember 2021.

Adanya DPP akan hadir pendidikan pesantren yang bermutu dengan memperhatikan aspek sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana di pondok pesantren.

Baca Juga: Jadwal Sholat Hari Ini Selasa, 14 Desember 2021 Kabupaten Tasikmalaya dan Sekitarnya

Akan dibentuknya DPP terlebih adanya fenomena menyimpang belakangan ini, termasuk kasus viral kejahatan seksual, yang sempat menyeret nama baik pesantren meskipun sebenarnya kejadian buruk itu tidak terjadi di lingkungan pondok pesantren.

Pasca kejadian tersebut aktivitas pendidikan di pondok pesantten pun mau tidak mau perlu adanya pengawasan dari unsur Pemerintah. Itu tak lain demi hadirnya Pesantren yang layak santri.

Jadi dengan adanya fenomena yang sekarang ini sedang viral, Pemerintah Provinsi dan saya sudah berkomunikasi dengan Pak Gubernur, Kementerian agama , dan lainnya.

"Kami akan segera melakukan langkah- langkah kedepan berpayung kepada Perda Pesantren," ujarnya.

Menurut Wagub Jabar, Dewan pengawas pesantren (DPP) ini akan dibentuk berlandaskan Undang- undang pesantren nomor 18 tahun 2019.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x