Kereta Api Bogor-Sukabumi Siap Dioperasikan dan Siap Melayanani Masyarakat Umum

- 14 April 2022, 05:50 WIB
Kereta api jalur Bogor-Sukabumi akan beraktifitas kembali dalam waktu dekat.
Kereta api jalur Bogor-Sukabumi akan beraktifitas kembali dalam waktu dekat. /Dephub.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Setelah lama tidak beroperasi Kereta Api Bogor-Cicurug Sukabumi kembali beroperasi sejak pertama kali beroperasi tunggal Bogor - Cicurug sekitar 141 tahun yang lalu.

Kini, tampilan jalur KA melalui Bogor Paledang - Cicurug sampai Sukabumi hadir kembali dengan kereta new image, yang akan segera lagi melayani jalur ganda Bogor Paledang - Cicurug .

Hal ini disampaikan dalam peluncuran kembali operasional kereta api (KA) Pangrango pada Minggu (09/04).  14 April 2022.

Baca Juga: Jadwal Sholat Kamis, 14 April 2022 untuk Wilayah Jakarta serta Ayat Tentang Diturunkannya Al-Qur'an

Pernyataan tersebut sejalan dengan catatan sejarah bahwa jalur tunggal kereta api Bogor-Cicurug dan pertama kali diresmikan pada tahun 1881 selanjutnya Cicurug – Sukabumi - Cianjur – Bandung-Cicalengka selesai 1884.

Pada saat masa kolonial Belanda, jalur ini merupakan bagian dari tulang punggung selatan Jawa yang terbentang hingga Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menyebut bahwa meski keseluruhan pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi Tahap 1 ruas Bogor Paledang - Cicurug sudah selesai, namun pengoperasiannya akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat saat Hamil

"Per hari ini baru akan dioperasikan satu jalur (single track) terlebih dahulu, baru kemudian akan dioperasikan secara ganda (double track)," sambungnya.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: djka.dephub.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x