Aura Mistis Penjara Banceuy, Tempat Soekarno Ditahan

- 25 Mei 2022, 10:45 WIB
Buku yang menjelaskan aura mistis penjara Banceuy
Buku yang menjelaskan aura mistis penjara Banceuy /Dinas Budaya Pariwisata/

PRIANGANTIMURNEWS- Sosok proklamator Indonesia, Soekarno, selalu menampilkan rekam jejak kehidupan yang penuh dengan pahit getirnya hidup.

Keberanian, ketegaran, dan keteguhannya demi tercapainya negara Indonesia merdeka dan mandiri dari bangsa penjajah tetap menancap dalam sanubarinya.

Keinginannya untuk merdeka adalah suatu hal yang mutlak. Sebagai seorang pemimpin dan pejuang kemerdekaan, Soekarno telah menikmati hidup yang penuh lika-liku. Kehidupan serba kekurangan hingga penjara telah dirasakan olehnya.

Baca Juga: Mudik Lancar, Jokowi Beri Apresiasi Pada Petugas dan Masyarakat

Akan tetapi, semua jejak itu tak menyurutkan hasrat dan keinginannya untuk Indonesia yang lebih baik. Semuanya menjadi tempaan mental bagi dirinya dalam memimpin republik ini di masa depannya.

Perjuangan dan pengorbanan Soekarno dalam memperjuangkan tercapainya kemerdekaan Indonesia tak diragukan lagi. Dalam sebuah bingkai yang terpanjang tapi di bekas penjara Bung Karno yang berada di pusat Kota jalan Banceuy, Bandung.

Terpampang kalimat yang diungkapkan Bung Karno," koekorbankan dirikoe di penjara ini demi Bangsa dan Negarakoe Indonesia,".

Baca Juga: Series Virgin Mom Tayang Hingga Berapa Episode? Cek Jadwal Tayangnya Disini

Ada juga bendera merah putih berukuran besar yang menutupi salah satu sudut ruang. Di sudut lain atau yang berhadapan dengan pintu, terdapat dua gambar Soekarno melekat di dinding.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Buku Situs Sel Penjara Banceuy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x