Rumah Warga di Malangbong Garut Roboh, BPBD Pastikan Lubang Penyebab Rumah Roboh Bukan Faktor Alam

- 9 Juni 2022, 23:40 WIB
Petugas BPBD Garut meninjau lokasi rumah warga yang roboh di Kampung Lewo Wetan, Desa Lewo Baru, Kecamatan Malangbong
Petugas BPBD Garut meninjau lokasi rumah warga yang roboh di Kampung Lewo Wetan, Desa Lewo Baru, Kecamatan Malangbong /Dok. BPBD Garut/

PRIANGANTIMURNEWS - BPBD Kabupaten Garut mendatangi rumah warga yang roboh di Kampung Lewo Wetan, Desa Lewo Baru, Kecamatan Malangbong Garut.

Kedatangan petugas BPBD untuk menganalisa terkait apa yang sebenarnya menjadi penyebab munculnya lubang yang menjadi penyebab robohnya rumah tersebut.

Dikutip priangantimurneews.com dari Pikiran Rakyat, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Garut, Satria Budi, menyebutkan pada Kamis 9 Juni 2022 petugas dari BPBD telah mendatangi lokasi.

Baca Juga: Sopir Truk Pembeli Gadis Cantik Jadi Buronan Satreskrim Polres Garut

Di sana, petugas menganalisa apakah kemunculan lubang yang telah menyebabkan robohnya rumah warga bernama Tita Rosita itu ada kaitannya dengan faktor alam atau tidak.

"Tadi pagi kami sudah mendatangi lokslasi rumah yang ambruk. Hasil analisa kami, ternyata kemunculan lubang yang menyebabkan ambruknya rumah bukan akibat faktor alam," kata Budi..

Lubang yang disebut-sebut muncul secara tiba-tiba di bagian bawah bangunan yang ambruk, menurut Budi ternyata bekas sumur yang diuruk kemudian dijadikan seftik tank.

Baca Juga: Yuk Dikerjakan 4 Amalan Malam Jum'at Yang disunnahkan Rasulullah Bagi Umat Islam

Diduga lahan urukan tersebut tak kuat menahan beban bangunan rumah sehingga amblas dan menyebabkan bangunan di atasnya roboh.

Budi juga menyebutkan, lahan yang digunakan untuk mendirikan rumah itu dulunya adalah kolam ikan. Bisa jadi akibat pengurukan yang kurang padat, kondisi lahan menjadi labil.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x