Pangdam III Siliwangi Ajak Masyarakat Pesisir Buat Perahu Semen dan Merubah Air Laut Menjadi Air Minum

- 20 Juni 2022, 18:47 WIB
Pangdam III Siliwangi bersama Susi Pudjiastuti dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melakukan penanaman bibit pohon mangrove di pantai Harriet Pangandaran, Sabtu, 18 Juni 2022.
Pangdam III Siliwangi bersama Susi Pudjiastuti dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melakukan penanaman bibit pohon mangrove di pantai Harriet Pangandaran, Sabtu, 18 Juni 2022. /PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi Bandung menggelar hiburan rakyat Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi di Kabupaten Pangandaran. Sekaligus memperingati hari ulang tahun Kodam II Siliwangi tahun 2022.

Hiburan rakyat yang digelar selama tiga hari tersebut menyuguhkan berbagai macam kegiatan diantaranya mulai dari pameran UMKM, penanaman pohon mangrove, pentas seni tradisional dan pelepasan tukik di pantai barat Pangandaran. Tampak hadir Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati dan sejumlah pejabat Polda Jawa Barat.

Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, dirinya ingin mencoba mengantar ke masyarakat dengan transfer skillnya dan melakukan pelatihan membuat perahu berbahan semen. Hal tersebut disampaikannya pada saat penanaman bibit pohon mangrove di pantai Harriet Pangandaran pada hari Sabtu, (19/6/2022).

Baca Juga: KASUS SUBANG TERBARU : Yoris Sindir Seseorang di Status WhatsApp, Apakah Dia Tahu Pelakunya?

"Dari kemarin kita sudah keliling. Kita membuat perahu dari semen, nanti kita simpan di pesisir kita jadikan nilai ekonomis dulu untuk edukasi masyarakat. Saya yakin kalau perahu tersebut ada nilai ekonomisnya mungkin masyarakat akan memeliharanya," ujar Kunto.

Bukan hanya membuat perahu saja, kata dia, TNI juga menerapkan ke masyarakat cara mengurai air laut menjadi air minum, kemudian menjadi es batu hingga cara membuat garam untuk kebutuhan nelayan. Apabila penerapan ini memiliki nilai ekonomis, bisa bargaining atau nilai tawar ke pemerintah pusat.

"Termasuk di daerah, juga bisa bargaining untuk pengelolaan di wilayah pesisir," kata Kunto.

Penerbangan lampion yang diawali oleh Pangdam III Siliwangi bersama Bupati Pangandaran, Sabtu, 18 Juni 2022.
Penerbangan lampion yang diawali oleh Pangdam III Siliwangi bersama Bupati Pangandaran, Sabtu, 18 Juni 2022.

Baca Juga: Momen Rizwan Fadilah Konser Perdana Bersama Rizky Febian, Kaya Kembar

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x