Tingkatkan Kepercayaan Wisatawan, Desa Pangandaran Diusulkan Sebagai Daerah Siaga Tsunami Internasional UNESCO

- 17 September 2022, 18:08 WIB
Bupati Pangandaran dan Wakil Bupati sedang menyambut rombongan dari UNESCO IOC, Sabtu 17 September 2022.
Bupati Pangandaran dan Wakil Bupati sedang menyambut rombongan dari UNESCO IOC, Sabtu 17 September 2022. /PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Desa Pangandaran menjadi salah satu desa di Kabupaten Pangandaran yang diusulkan sebagai pusat kegiatan verifikasi lapangan 12 indikator masyarakat tsunami ready oleh UNESCO IOC.

Head of IOTIC UNESCO Ardito M Kodijat bersama rombongan disambut oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan serta Sekda Kusdiana didampingi Kepala BMKG Bandung Teguh Ayu di depan kantor Desa Pangandaran, Sabtu 17 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jeje mengatakan, indeks kebencanaan di Pangandaran cukup tinggi, selama ini sudah melakukan upaya penanganan kesiapsiagaan bencana.

Baca Juga: Persib Bandung Menang Tiga Kali Beruntun, Pemain Asing Ini Ungkap Hal Mengejutkan!

"Apakah kesiapsiagaan kita sudah standar, sudah benar atau tidak maka sekarang di verifikasi yang namanya tsunami ready tingkat nasional," kata Jeje.

Ternyata kata Jeje, dari 12 indikator, Desa Pangandaran masuk dan sudah mendapat pengakuan tsunami ready tingkat nasional.

"Nah sekarang kita tingkatkan lagi menjadi tingkat internasional di UNESCO IOC. Nanti kita lihat apakah dari 12 indikator dalam kesiapsiagaan bencana tsunami sudah memenuhi syarat belum, nah sekarang akan dinilai oleh UNESCO," ujarnya.

Baca Juga: Tak Menyangka Persib Bandung Menang Beruntun! Robert Alberts Sindir Lebih Hebat Dari Luis Milla!

Jeje juga mengatakan, implikasinya banyak, dan yang terpenting adalah bagaimana bisa hidup berdampingan dengan bencana, sehingga apabila terjadi bencana masyarakat sudah siap.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x