Keraton Kacirebonan Gelar Tradisi Panjang Jimat

- 10 Oktober 2022, 09:11 WIB
Tradisi Panjang Jimat di Keraton Kacirebonan dipimpin Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat.
Tradisi Panjang Jimat di Keraton Kacirebonan dipimpin Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat. /PRITIM PRMN/EDI MULYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Setiap tahun menginjak di bulan Maulid Nabi Muhammad SWT tradisi Panjang Jimat di Keraton Kacirebonan selalu dilakukan bersama dengan para abdi dalem, tamu undangan dan juga masyarakat.

Perlu diketahui tradisi Panjang Jimat bukan memajang atau memandiin jimat pusaka peninggalan para leluhur. Tetapi tradisi Panjang Jimat adalah peringatan Maulid Nabi Muhamad Selalloh Alaihi Wasalam.

Tradisi Panjang Jimat tidak hanya di ikuti oleh petinggi, keluarga Keraton Kacirebonan saja tetapi turut menyaksikan para tamu undangan keraton dari berbagai daerah seperti halnya dari Jakarta Hanhan Haeruman dan keluarganya.

Baca Juga: Lirik Lagu Gang Dolly, dari Pak No Feat Pak Ndut, Sedang Tending di YouTube Music

Prosesi Panjang Jimat bagi keluarga karaton dan juga masyarakat Cirebon bukan hal yang baru. Tradisi Panjang Jimat sudah dilaksanakan sejak jaman dahulu secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Namun bagi yang diluar Cirebon mungkin ada yang masih belum tahu latar belakang Panjang Jimat. Ternyata tradisi Panjang Jimat artian dari kelanjutan kata. Kalau diluar sanah menyambut kelahiran Rosullulah dengan tablig akbar dan lainnya.

Kerajaan Keraton Kacirebonan memperingati hari kelahiran Rasulullah Saw dengan adat dan tradisi keraton. Tetapi tidak mengurangi esensi,tetap pada jiwa yang sebenarnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Timnas Indonesia Tetap Lolos Sebagai Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17

Keluarga Keraton Kacirebonan mengartikan Maulid Nabi tidak secara umumnya. Keraton memberikan nama Pringatan Maulid Nabi dengan istilah Panjang Jimat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x