Dampak Gempabumi Rumah Warga Rusak Tersebar Di 5 Kecamatan

- 26 Oktober 2020, 12:25 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum sedang meninjau rumah warga korban gempabumi di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Senin, 26 Oktober 2020.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum sedang meninjau rumah warga korban gempabumi di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Senin, 26 Oktober 2020. /Priangan timur EWS.com/AGUS./

PRIANGANTIMURNEWS.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaran mencatat sejumlah rumah warga yang rusak akibat guncangan gempabumi.

Gempabumi berkekuatan Mag. 5,9 yang terjadi pada hari Minggu, 25 Oktober 2020 pukul 07.56.45 WIB itu membuat sejumlah bangunan rumah milik warga mengalami kerusakan.

Plt Kalak BPBD Kab Pangandaran Suheryana mengatakan, berdasarkan laporan ada 10 rumah warga yang tersebar di 6 desa di 5 kecamatan di Kab Pangandaran yang mengalami kerusakan akibat gempabumi.

Baca Juga: Pangandaran Diguncang Gempa Berkekuatan Mag 5,9

Dari 10 rumah, kata Suheryana, ada 3 rumah yang mengalami rusak sedang dan 7 diantaranya rusak ringan. Jumlah tersebut ada kemungkinan bertambah.

"Kami yang terdiri dari anggota BPBD, Tagana, FKDM dan lainnya sedang melakukan assessment di rumah warga yang mengalami kerusakan. Paling yang akan didahulukan kita akan memberi logistik kepada korban," ujarnya, seraya diri menambahkan, dampak dari gempabumi tersebut tida ada korban yang mengungsi.

Dinding tembok belakang rumah warga di Desa Panyutran Kec Padaherang Pangandaran Ambruk
Dinding tembok belakang rumah warga di Desa Panyutran Kec Padaherang Pangandaran Ambruk

"Hanya saja kami menghimbau agar masyarakat tetap waspada, apalagi saat ini sedang musim penghujan terutama di daerah rawan banjir dan longsor," pungkasnya.

Hari ini, Pangandaran kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,5 SR pada pukul 06:49:48 WIB, Senin (26/10/2020). Gempa tak berpotensi tsunami. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.5. Episenter terletak pada koordinat 8.22 LS dan 107.81 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 95 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer. 

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x