Wanita Harus Tahu, Ini 4 Tips Menjaga Kebersihan Daerah Vital Saat Haid

- 12 Juli 2021, 22:07 WIB
Ilustrasi menstruasi /Freepik
Ilustrasi menstruasi /Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS- Daerah Vital perempuan dapat berubah-ubah kondisinya sesuai dengan siklus hidup.

Daerah vital tersebut akan menjadi normal jika tidak ada faktor dalam maupun luar yang dapat memengaruhi kondisinya.

Namun ketika menstruasi daerah vital tersebut cenderung lebih lembap. Kelembaban itu akan menjadi penyebab bertumpuknya bakteri dalam organ vital.

Baca Juga: Bursa Transfer Pemain: Chelsea Mengincar Bek Sevilla dan Menyiapkan Tawaran untuk Gelandang Italia

Dikutip Priangantimurnews.com dari buku La Tahzan Untuk Wanita Haid karya Ummu Azzam, Berikut 4 langkah yang harus dilakukan agar organ vital tetap sehat ketika menstruasi:

1.Membasuh area vital dengan hati-hati atau perlahan saja karena area tersebut sangatlah sensitif. Terutama pada bagian diantara vulva dengan menggunakan air besih. Manfaat yang didapat jika kita dapat merutinkan hal tersebut dapat membersihkan bekas darah menstruasi, bekas keringat, dan bakteri yang ada di sekitar vulva.

2.Ketika membasuh area vital (kewanitaan), lakukan dengan cara yang benar, yaitu dengan memulai dari arah depan (vagina) dilanjutkan kea rah belakang (anus). Jika kebalikannya, tidak dianjurkan. Sebab, dapat menyebabkan bakteri yang ada di area belakang (anus) dapat terbawa masuk ke vagina.

Baca Juga: Inilah 7 Kebiasaan Yang Akan Membuat Mentalmu Lebih Kuat

3.Sebelum memakai celana dalam, tidak lupa mengeringkan terlebih dahulu miss V dengan menggunakan handuk atau tidu yang lembut dan tidak terkandung alkohol/parfum di dalamnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x