Stop Mulai Sekarang! Ini Resiko Bagi Orang yang Hobi Begadang

- 24 Juli 2021, 22:52 WIB
Ilustrasi orang sedang begadang.
Ilustrasi orang sedang begadang. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Tidur larut malam atau begadang adalah kebiasaan yang tidak baik dilakukan, selain bisa menurunkan daya tahan tubuh, begadang juga bisa mengakibatkan efek kesehatan terganggu di masa yang akan datang.

Dikutip priangantimurnews.com dari healthysleep.med.harvard.edu berikut gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan begadang.

● Obesitas

Beberapa penelitian telah mengaitkan kurang tidur dengan penambahan berat badan. Sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam per malam secara teratur jauh lebih mungkin untuk memiliki kelebihan berat badan, sementara orang yang tidur rata-rata delapan jam per malam memiliki lemak tubuh relatif rendah dari penelitian tersebut.

Baca Juga: Daftar 5 Bek Terbaik Liga Premier Saat Ini dan Akan Menjadi Penentu dalam Meraih Trofi di Musim 2021-2022

● Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam per malam memiliki risiko yang sangat tinggi untuk memiliki atau mengembangkan diabetes tipe 2.

Untungnya, penelitian juga menemukan bahwa peningkatan kualitas tidur dapat secara positif mempengaruhi kontrol gula darah dan mengurangi efek diabetes tipe 2.

● Penyakit kardiovaskular dan hipertensi

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: healthysleep.med.harvard.edu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x