Vaksin AstraZeneca, Ini Reaksi dan Efek Samping yang Dirasakan Setelah Disuntik

- 24 Agustus 2021, 17:36 WIB
 vaksin AstraZeneca menjadi salah satu dari empat vaksin yang diakui secara resmi oleh Arab Saudi sebagai syarat melakukan ibadah umrah.
vaksin AstraZeneca menjadi salah satu dari empat vaksin yang diakui secara resmi oleh Arab Saudi sebagai syarat melakukan ibadah umrah. / Pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS - Vaksin AstraZeneca kini sudah digunakan masyarakat umum vaksinasi dosis pertama dan kedua.
 
Vaksin Astrazeneca merupakan salah satu jenis vaksin yang dianggap efektif dan telah disetujui digunakan dalam upaya pencegahan penularan COVID19.
 
Mengacu pada rekomendasi ISTH, EMA dan WHO GACVS, manfaat dari pemberian vaksin ini dinilai lebih besar daripada potensi komplikasi. 
 
 
Dari berbagai jenis vaksin, AstraZeneca lah merupakan jenis vaksin yang sering diragukan masyarakat karena efek samping trombosis yang marak diberitakan media.
 
AstraZeneca Vaksin AstraZeneca (AZ) juga dikenal dengan beberapa nama lain dalam karya ilmiah, antara lain: ChAdOx1 AZD1222 Vaxzevria Mirip dengan banyak vaksin COVID-19 lainnya, vaksin AstraZeneca diberikan dalam dua dosis.
 
Dosis kedua diberikan antara 28 hingga 84 hari (4 hingga 12 minggu) setelah dosis pertama.
 
Vaksin AstraZeneca diberikan menggunakan vektor adenovirus. Ini adalah jenis teknologi yang sama dengan yang digunakan vaksin Johnson & Johnson COVID-19.
 
 
Jenis vaksin ini menggunakan adenovirus yang dinonaktifkan yang telah dimodifikasi untuk mengirimkan konten vaksin ke dalam sel inang. Begitu isinya masuk ke dalam sel, adenovirus rusak.
 
Ini berarti bahwa itu tidak dapat menyebabkan penyakit pada manusia atau berinteraksi dengan DNA kita. 
 
Berikut cara kerja vaksin AstraZeneca: 
 
Setelah vaksin disuntikkan, adenovirus yang dimodifikasi dapat memasuki sel terdekat dan melepaskan materi genetiknya.
 
Materi genetik ini memiliki instruksi tentang cara membuat protein lonjakan yang ditemukan di permukaan SARS-CoV-2.
 
Sel-sel Anda menggunakan informasi yang diberikan oleh materi genetik adenovirus untuk membuat protein lonjakan.
 
 
Ketika protein lonjakan dibuat, ia dapat melakukan perjalanan ke permukaan sel dan ditampilkan di sana.
 
Sel-sel sistem kekebalan memperhatikan protein lonjakan dan mengenalinya sebagai zat asing. Ini memicu produksi respons imun.
 
Sistem kekebalan Anda menghasilkan antibodi dan sel kekebalan yang secara khusus mengenali protein lonjakan baru ini.
 
Jika Anda terpapar virus corona baru, antibodi dan sel dapat membantu mencegah Anda jatuh sakit.
 
 
Vaksin AstraZeneca stabil pada suhu yang lebih tinggi daripada vaksin Pfizer-BioNTech, dapat disimpan di lemari es antara 35°F (2°C) dan 46°F (8°C) daripada disimpan dalam freezer yang sangat dingin.
 
Setelah botol dibuka, dapat disimpan pada suhu kamar hingga 6 jam. Itu tidak bisa lagi disuntikkan setelah periode ini dan harus dibuang.
 
Mengacu pada pemberitahuan dari Astrazeneca kepada European Medicines Agency (EMA), bahwa kejadian efek samping sangat jarang terjadi.
 
Namun, dapat menyebabkan trombosis dengan atau tanpa disertai trombositopenia (trombosit rendah). 
 
Apabila calon penerima vaksin Astrazeneca dinilai memiliki kecenderungan trombosis oleh dokter yang merawat, maka hendaknya dokter memberikan surat kelayakan atau tidak layak untuk divaksin Astrazeneca. 
 
 
Selam trombosis dan trombositopenia, data dari Inggris menunjukkan kejadian limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening) cukup sering ditemukan pasca penyuntikan vaksin Astrazeneca, namun efek samping sejauh ini tidak dianggap berbahaya. 
 
Sesuai anjuran dan UK MHRA, mereka yang mengalami gejala sesak napas, pembengkakan tungkai bawah, nyeri kepala, gangguan penglihatan, atau memar kulit setelah divaksin, hendaknya segera berkonsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat.***
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x