Manfaat Habbatussauda untuk Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

- 24 Agustus 2021, 19:14 WIB
Habbatussauda
Habbatussauda /ARAHKATA/PIXABAY

PRIANGANTIMURNEWS- Habbatussauda dikenal luas dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, jenis tanaman herbal ini diketahui memiliki banyak manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan tubuh.

Habbatussauda (Nigella sativa) atau disebut juga jintan hitam adalah salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah. Bijinya telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan manfaat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, manfaat tersebut tentu sangat baik bagi Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi. Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda lebih tidak mudah terserang bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Kemenhub Pastikan Pelayanan Transportasi Laut Tetap menjadi Prioritas

1. Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan
Habbatussauda mengandung beragam nutrisi, mulai dari protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol.

Berkat kandungan nutrisinya yang sangat banyak itu, ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari habbatussauda, di antaranya:

2. Memperkuat daya tahan tubuh
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, habbatussauda bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini didukung beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid, mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk COVID-19.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda juga diketahui dapat meredakan peradangan dan menangkal efek radikal bebas pemicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alo Dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x