Fakta Ilmiah Kenapa Kamu Harus Keluar Rumah Setiap Hari

- 12 Januari 2022, 19:39 WIB
 Seorang anak sedang melakukan  ativitas keluar rumah dapat memicu kesehatan
Seorang anak sedang melakukan ativitas keluar rumah dapat memicu kesehatan /Pixabay @Sanshiro /

PRIANGANTIMURNEWS- Kecanggihan dan fasilitas teknologi yang serba tercukupkan hari ini, membuat manusia modern malas untuk keluar rumah dan menyibukkan diri pada aktivitas di dalam rumah.

Padahal kamu perlu keluar rumah setiap hari, alasanya untuk kesehatan tubuh dan banyak aktivitas di luar rumah, kamu bisa bertemu dengan orang, menikmati suasana jasmani dan batin kamu.

Dilansir priangantimurnews.com dari akun instagram @okesehat ini fakta ilmiah kenapa kamu harus keluar rumah setiap hari.

Baca Juga: 6 Minuman Pembersih Ginjal, Wajib Kamu Ketahui!

Hal yang perlu kamu ingat saat keluar rumah, tubuh kamu perlu asupan vitamin D dari sinar matahari.

Kenneth Wright, kepala Sleep and Chronobiology Laboratory University of Colorado mengatakan bahwa tubuh membutuhkan sinar matahari untuk mengatur kembali jam tidur alam bawah sadar (ritme sirkadian), mengatur mood, dan energi tubuh.

Terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam rumah juga memicu obesitas, diabetes, depresi dan berbagai penyakit lainnya.

Baca Juga: MENGHARUKAN, Bocah Korban Kekerasan Hidup Seorang Diri, Ibunya Meninggal, Ayah Meringkuk di Lapas Cipinang

Obat satu-satunya adalah dengan keluar dari rumah. Kamu perlu beraktivitas di luar dan menikmati sejuknya udara dan sinar matahari. idealnya, paling tidak 45 menit setiap paginya.

Kata Kenneth Wright, ini membantu tubuhmu mengatur kembali mode tidur alam bawah sadar. Bukan hanya itu, sinar matahari juga meningkatkan vitalitas tubuh, kekebalan tubuh terhadap penyakit secara fisik dan mental.

Manfaat ini akan lebih kuat jika kamu melakukannya di luar ruangan dengan banyak pepohonan atau di alam bebas yang asri.

Mungkin karena alasan ini juga mengapa yoga atau meditasi dilakukan di taman atau di area hijau yang segar dan tenang, karena manfaatnya untuk kesehatan lebih besar dibanding hanya di dalam rumah.

Baca Juga: Film Keluarga Cemara 2 Akan Segera Tayang di Bioskop Indonesia

Nah, jadi sekarang tahu kan alasannya mengapa kamu perlu keluar rumah. Maka dari itu kamu perlu aktivitas keluar rumah setiap harinya. Jangan biarkan hari-harimu hanya terkurung dalam rumah.***

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @okesehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah