Hari Kanker Sedunia 2022, Pentingnya Kemudahan Akses Pengobatan kanker untuk Pasien

- 4 Februari 2022, 08:46 WIB
 Pada momen Hari Kanker Sedunia 2022, diharapkan labih memudahkan akses pengobatan kanker untuk pasien 
Pada momen Hari Kanker Sedunia 2022, diharapkan labih memudahkan akses pengobatan kanker untuk pasien  / orami/

PRIANGANTIMURNEWS- Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 4 Februari. Momen ini diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap penyakit kanker.

Sebenarnya, apa sih kanker itu? Mengapa dunia perlu memperingati hari kanker?

Sejarah Hari Kanker Sedunia
Peringatan pertama kali diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC). Pada 4 Februari 2000, Hari Kanker Sedunia ditulis dalam Charter of Paris Against Cancer (Piagam Paris Melawan Kanker).

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Paling Tak Suka Dikritik!

Dokumen itu ditandatangani oleh Presiden Prancis kala itu, Jacques Chirac dan Direktur Jenderal UNESCO yang menjabat saat itu, Koichiro Matsuura.

Peringatan hari yang spesial ini juga digelar untuk mendukung tujuan dari World Cancer Declaration yang ditulis pada 2008. UICC adalah sebuah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang berdedikasi untuk memimpin dalam pertemuan, pengembangan kapasitas, dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global.

Organisasi UICC pun melakukan promosi mengenai kesetaraan yang lebih besar, dan mengintegrasikan pengendalian kanker ke dalam agenda kesehatan dan pembangunan dunia.

Baca Juga: Daftar Superhero Marvel yang Gabung dalam Avengers, Siapa yang Terkuat?

Tema Hari Kanker Sedunia 2022
Kampanye Hari Kanker Sedunia pada tahun ini memiliki tema Close the care gap. Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Tutup kesenjangan perawatan.

Hari Kanker Sedunia 2022 sendiri adalah sebuah tanda tahun pertama dari 3 tahun baru yang berpusat pada masalah kesetaraan. Kenapa kanker bisa menjadi salah satu penyakit yang memiliki hari peringatan? Apa itu kanker?

Kanker adalah sebuah kondisi hadirnya pertumbuhan sel abnormal yang tidak bisa dikendalikan.Pertumbuhan sel abnormal ini membentuk benjolan umum yang dikenal dengan istilah tumor.

Baca Juga: Kumpulan Doa Nabi Yusuf AS dan Manfaatnya untuk Kita

Benjolan sendiri berlaku bagi semua jenis kanker, kecuali kanker darah. Jika tak segera diobati, tumor sendiri bisa tumbuh dan menyebar ke jaringan normal di sekitarnya. Jika hal itu terjadi, maka kondisi pengidap bisa menjadi semakin perah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x