Wanita Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Timbulnya Jerawat yang Jarang Disadari, Nomor 4 Paling Susah Dihindari

- 25 Februari 2022, 11:33 WIB
Jerawat memang bukan penyakit. Tetapi jika muncul sungguh menyebalkan. Berikut ini 5 penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya
Jerawat memang bukan penyakit. Tetapi jika muncul sungguh menyebalkan. Berikut ini 5 penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya /

PRIANGANTIMURNEWS- Jerawat adalah masalah kulit yang bisa dialami segala usia. Tumbuhnya jerawat bisa membuat tingkat kepercayaan diri seseorang menurun, kulit menjadi bertekstur dan warna kulit tidak rata.

Biasanya jerawat muncul di area dahi, pipi, dan hidung, karena area tersebut memproduksi minyak secara berlebih. Namun, tumbuhnya jerawat juga bisa dialami di area rahang, leher, atau punggung.

Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat, mulai dari faktor genetika hingga gaya hidup yang kurang sehat. Tumbuhnya jerawat ini bisa diatasi dengan cara alami atau menggunakan produk skincare yang tepat.

Baca Juga: Biar Nyaman Dipakai, Ini Tips Memilih Sepatu yang Cocok dengan Bentuk Kaki

1. Perubahan Hormon
Penyebab jerawat yang pertama adalah karena faktor perubahan hormon. Pada saat usia remaja, terjadi perubahan hormon di masa pubertas, yang menyebabkan kulit sangat berminyak dan memicu munculnya jerawat.

Selain itu, produksi minyak pada lapisan kulit akan semakin bertambah, saat perempuan mengalami perubahan hormon pada masa haid, sedang hamil dan menjelang menopause.

2. Terlalu Banyak Pikiran
Terlalu banyak pikiran atau stres bisa menyebabkan jerawat muncul di kulit. Karena saat stres, kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak daripada biasanya. Sehingga minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat serta komedo.

Baca Juga: PENTING, Ini 5 Tips Memilih Tas Kerja yang Cocok untuk Wanita, Nomor 5 Bisa Jadi Pertimbangan

3. Sering Menggunakan Makeup
Tak ada salahnya menggunakan makeup untuk mempercantik diri. Tetapi terlalu sering menggunakan makeup bisa menyebabkan kulit berjerawat. Apalagi kalau kamu salah menggunakan produk makeup.

Sebaiknya gunakan makeup seperlunya saja dan tidak terlalu tebal, serta gunakan makeup yang memiliki klaim hypoallergenic dan noncomedogenic, agar tidak menyebabkan jerawat atau komedo di wajah.

4. Mengonsumsi Makanan Berlemak
Kebiasaan sering mengonsumsi makanan berlemak juga bisa menyebabkan jerawat, seperti gorengan atau junk food. Karena makanan berlemak bisa menyebabkan kandungan kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh.

5. Jarang Membersihkan Wajah
Wajah yang kotor bisa menyebabkan pori-pori jadi tersumbat oleh debu, kotoran, kuman atau sisa makeup. Untuk itu, sangat penting membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian.***

Editor: Muh Romli

Sumber: facetofeet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah