Salmonella Mengintai, Jangan Makan Makanan yang Sudah Jatuh

- 22 April 2022, 04:36 WIB
ilustrasi makanan jatuh
ilustrasi makanan jatuh /pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Tahukan Anda bahwa bakteri mengintai ketika Anda mengambil kembali makanan yang sudah terjatuh? Istilah "belum lima menit" tentu tidak tepat dan sudah semestinya ditepis jauh-jauh.

Terkait hal tersebut, Guru Besar Universitas Bina Nusantara sekaligus President of Indonesian Scientific Society for Probiotics and Prebiotics (ISSPP) Prof. Ingrid S. Surono menyampaikan hasil penelitian oleh P. Dawson dan kawan-kawan pada 2006.

Mereka meneliti hal yang terjadi ketika makanan jatuh ke lantai yang menggunakan karpet, lantai keramik, dan lantai kayu.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Menang di Korea Selatan, PSSI Buka Suara

"Ini sangat mengejutkan hasilnya. Kalau masih ada yang percaya "ah mumpung belum lima menit" jatuh makanan diambil lalu, diusap-usap oleh tangan kita yang tidak jelas tangannya bersih atau malah menambah kuman, kemudian masuk ke mulut kita," kata Prof. Ingrid dalam Webinar Indonesia Hygiene Forum ke-9.

Prof Ingrid melanjutkan, "Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini, akan berpikir 1.000 kali, khususnya tidak diberikan kepada anak-anak ataupun lansia karena mereka sangat rentan karena imunitasnya tidak sebaik anak muda."

Ia menjelaskan, para peneliti menginokulasikan Salmonellatyphimurium ke keramik. "Kemudian menempelkan makanan selama lima detik, ternyata 99 persen Salmonella itu nempel semua hanya dalam waktu lima detik di makanan itu," terangnya.

Baca Juga: Single Terbaru Rayi Putra MATAMATA Terinspirasi dari Warganet Indonesia

Tak butuh waktu lama bagi bakteri untuk menempel pada makanan. "Apalagi sudah lima menit, sudah berkembang biak (bakteri), makanan isinya gizi untuk mikroba tersebut," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x