Waspadai! Kanker Serviks dan Gejalanya pada Stadium Lanjut

- 18 Mei 2022, 20:54 WIB
Waspadai kanker serviks dengan mengenali gejalanya.
Waspadai kanker serviks dengan mengenali gejalanya. /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS– Salah satu jenis kanker yang cukup ganas ialah kanker serviks. Kanker serviks ini merupakan kanker penyebab kematian wanita paling tinggi.

Dikutip priangantimurnews dari https://p2ptm.kemkes.go.id/, kanker serviks atau kanker serviks adalah keganasan yang terjadi pada jaringan serviks yang merupakan bagian terendah dari serviks dan menonjol ke puncak liang senggama.

Prevalensi kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh RS di Indonesia, dengan jumlah pasien kanker serviks sebanyak 5.349 orang (12,8 %).SIRS, 2010.

Baca Juga: 3 Alasan Real Madrid Sangat Superior di Liga Champions

Pada stadium dini, kanker serviks seringkali tidak menunjukkan gejala atau tanda yang khas.sehingga sukar dikenali dan pasien datang pada stadium lanjut.

Dilansir dari laman Instagram @p2ptmkemenkesri, gejala kanker serviks pada stadium lanjut sering menunjukkan hal-hal sebagai berikut.

1. Keputihan berulang atau keluar cairan encer putih kekuningan yang berbau seperti nanah dan bercampur darah.

Gejala kanker serviks stadium lanjut yang pertama yaitu keputihan berulang atau keluar cairan encer putih kekuningan yang berbau seperti nanah dan bercampur darah. Jika kamu menemui gejala tersebut patut waspada dan segera memeriksakan diri kepada dokter kandungan.

Baca Juga: Kesaktian Liverpool di Liga Inggris Tahun 2022

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @p2ptmkemenkesri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x