Mengenal Ramsay Hunt yang Menyebabkan Wajah Justin Bieber Lumpuh Sebelah

- 11 Juni 2022, 16:05 WIB
Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome? Penyakit yang Dialami Justin Bieber Hingga Wajahnya Lumpuh Sebagian
Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome? Penyakit yang Dialami Justin Bieber Hingga Wajahnya Lumpuh Sebagian /Instagram @justinbieber

PRIANGANTIMURNEWS - Pada Jumat 10 Juni 2022, Penayi Justin Bieber dalam akun media sosialnya mengabarkan bawah dirinya sedang menderita sindrom Ramsay Hunt.

Apa sih sebenarnya sindrom Ramsay Hunt yang membuat separuh wajah penderitanya mengalami kelumpuhan.

Dikutip priangantimurnews.com dari Antara, Amit Kochhar, MD seorang otolaryngologist (THT) dan direktur Program Gangguan Saraf Wajah di Pacific Neuroscience Institute di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, menjelaskan bahwa sindrom Ramsay Hunt sangat langka.

Baca Juga: Justin Bieber Beberkan Penyebab Lumpuh Sebelah Pada Wajahnya


Hanya terjadi pada lima dari 100 ribu orang, mirip seperti Bell's Palsy tetapi lebih parah.

"Sindrom Ramsay Hunt adalah penyebab paling umum kedua kelumpuhan wajah perifer atraumatik, setelah Bell's Palsy, tetapi sedikit lebih parah. Namun, itu hanya terjadi pada sekitar lima dari 100.000 orang," katanya.

Penyebabnya, kata Amit, disebabkan oleh reaktivasi virus herpes zoster di wajah. Ini yang membuat penderita cacar air rentan terhadap virus varicella-zostar sejak kecil.

Baca Juga: Viral Nasi Padang Babi, Pemilik Restoran Dipanggil Polisi

Virus penyebab cacar air tetap tidak aktif di dalam tubuh sampai ada yang memicunya, kembali dalam bentuk herpes zoster (Ramsay Hunt), yang dapat mengobarkan berbagai saraf di perut, punggung, dan wajah.

Amit menyebutkan, Ramsay Hunt disebabkan oleh stres tinggi atau imunosupresi, serta oleh obat imunosupresan atau kondisi lain yang mendasarinya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x