Hipertensi vs Hipotensi ! Mana Yang Lebih Berbahaya?! Simak Selengkapnya

- 5 Agustus 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi Hipertensi dan Hipotensi apa saja perbedaanyaa...
Ilustrasi Hipertensi dan Hipotensi apa saja perbedaanyaa... /Tangkapan Layar Youtube Ini Kata Dokter/


PRIANGANTIMURNEWS - Tekanan darah (tensi) adalah tekanan yang dialami pembuluh arteri ketika darah di pompa dari jantung ke seluruh tubuh.

Ada dua jenis gangguan tekanan darah, yaitu hipertensi dan hipotensi Apa bedanya dan Mana ya kira-kira yang lebih berbahaya?

Tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg - 120/80 mmHg Angka yang diatas disebut "sistolik" yang menunjukan tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh Angka yang dibawah disebut "diastolik".

Menunjukkan tekanan saat jantung dalam keadaan istirahat atau saat terjadi pengisian darah ke jantung Kalau tekanan darah dibawah nilai normal namanya hipotensi atau tekanan darah rendah.

Baca Juga: Warga beberkan Aktivitas Padepokan Nur Dzat Sejati Gus Syamsudin Ternyata?!

Kalau angkanya lebih tinggi dari nilai normal menunjukkan kondisi tekanan darah tinggi (prahipertensi sampai hipertensi) Gimana gejalanya?

Hipertensi seringkali gak menunjukkan gejala di awal Disebut-sebut sebagai silent killer Kalo tensinya udah tinggi banget baru biasanya memunculkan gejala sakit kepala pandangan kabur nyeri dada sesak napas.

Sering mimisan Kalo gak diobati tensi tinggi bisa menimbulkan komplikasi penyakit jantung stroke dan penyakit ginjal Beda dengan hipertensi,

Kasus hipotensi atau tensi rendah lebih jarang terjadi Biasanya ada hal yang mendasari munculnya hipotensi, misalnya dehidrasi atau kekurangan cairan Perdarahan hebat,

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x