Kemenkumham Kanwil Jabar dan Lapas Tasikmalaya Bantu Tangani Masalah Stunting

- 26 Juli 2023, 23:48 WIB
 Kakanwil Kemenkumham Jabar, Kalapas Tasikmalaya, Pj Wali Kota Tasikmalaya sedang menyerahkan bantuan kepada masyarakat, Rabu 27 Juli 2023.
Kakanwil Kemenkumham Jabar, Kalapas Tasikmalaya, Pj Wali Kota Tasikmalaya sedang menyerahkan bantuan kepada masyarakat, Rabu 27 Juli 2023. /Edi Mulyana/Priangantimurnews
PRIANGANTIMURNEWS - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Kantor Wilayah Jawa Barat Lapas Kelas llB Tasikmalaya bantu Pemerintah Kota Tasikmalaya mengentaskan Stunting dengan menyalurkan bantuan vitamin dan sembako.
 
Dalam upaya membantu mengentaskan stunting melalui bakti sosial di Lapas Tasikmalaya Hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya, Bc.I.P., S.Pd. disambut tuan rumah Kalapas Tasikmalaya, Davy Bartian.
 
Hadir memenuhi undangan Pj.Wali Kota Tasikmalaya, Dr.Cheka Virgowansyah, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tasikmalaya, Suyitno, Kalapas se Priatim, Kadis Kesehatan dan seluruh tamu undangan lainnya. 
 
 
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas llb Tasikmalaya, Davy Bartian menyebut, masalah stunting merupakan acman serius yang berdampak terhadap pertumbuhan anak sebagai generasi penerus bangsa.
 
Oleh karena itu masalah stunting menjadi tugas bersama. Makanya di momentum hari Kemenkumha, penetasan stunting menjadi prioritas utama langsung atensi dari pak Menteri Yasonna Laoly dan Kakanwil.
 
"Untuk menetaskan stunting kita dari Kemenkumham telah menyalurkan sebanyak 150 paket sembako kepada para anak stunting yang diberikan secara simbolis kepada orang tua anak,"kata, Kalapas Tasikmalaya, Davy Bartian selaku tuan rumah.
 
Kakanwil Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya, Bc.I.P., S.Pd. menyebut, soal menetaskan stunting kita juga sama sama memiliki peran tanggungjawab, karena ini menyangkut keselamatan anak sebagai generasi penerus bangsa.
 
 
"Atensi ini langsung dari pak Menteri Yasonna Laoly. Diwilayah Jabar bakti sosial penetasan stunting ada 5 titik termasuk hari ini di wilayah Lapas Tasikmalaya mencakup Priangan Timur,"kata, Kakanwil R.Andika.
 
R.Andika menambahkan, untuk membantu menetaskan stunting  di 5 titik se Jabar kita menyalurkan paket sembako sebanyak 1000 lebih termasuk 150 untuk di wilayah Priangan Timur.
 
"Alhamdulilah untuk sumber dana yang di salurkan untuk bakti sosial menetaskan stunting hasil dari pada kepedulian atau iuran seluruh pegawai yang ada di lingkungan Kemenkumham, jadi ini murni anggaran sukarelawan,"kata, R.Andika.
 
Oleh karena itu mari kita bergandengan tangan untuk membantu menetaskan angka stunting di wilayah Jabar termasuk di Kota Tasikmalaya. Ini adalah nilai ibadah yang di Ganjar langsung oleh Allah.
 
 
Ditempat yang sama Pj Wali Kota Tasikmalaya Dr.Cheka Virgowansyah menyebut, saya merasa bangga dan bahagia sekali karena ternyata saya tidak sendiri untuk menetaskan angka stunting.
 
"Pedahal kalau kita liat dan di pikir pikir, Kemenkumham tidak ada kaitannya dengan angka stunting, tetapi ternyata luar biasa Kemenkumham melalui Lapas Tasikmalaya telah berbuat baik untuk membantu kami,"kata, Dr.Cheka.
 
Dengan tindakan kolaborasi Kemenkumham Kanwil Jabar, Lapas Tasikmalaya membuat kami bangga dan bahagia karena menetaskan angka stunting betul betul telah menjadi perhatian bersama.
 
 
"Jujur angka stunting di Kota Tasikmalaya paling menonjol ada di angka 1.370 tersebar di 10 Kecamata 69 Kelurahan, paling tinggi angka stunting  berada di wilayah Kecamatan Kawalu,"kata, Dr.Cheka.
 
Cheka menambahkan, sebetulnya ada dua pilihan untuk menetaskan angka stunting, hanya kalau ada kelainan penyakit TB itu harus di obati dulu selama 9 bulan, setelah itu di kasih makanan tambahan.***
 

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x