Waspada, Kasus Cacar Monyet di Indonesia Melonjak

- 27 Oktober 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi - Cacar monyet atau Mpox. ANTARA/HO-Sutterstock.
Ilustrasi - Cacar monyet atau Mpox. ANTARA/HO-Sutterstock. /

PRIANGANTIMURNEWS -Warga dimohon waspada dan berhati hati angka penderita cacar monyet melonjak menjadi 15 kasus.

Data dari
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut kasus cacar monyet atau monkeypox (mpox) pertama kali ditemukan di Indonesia pada Agustus 2022.

"Kenapa kasus tahun ini kelihatan tinggi? Apakah karena tracing? Jadi memang kasus tahun lalu sama," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers virtual, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Waspada! Kasus Cacar Monyet di Indonesia Meningkat

"Jadi setiap ada satu kasus, kita melakukan tracing kontak erat. Malah tahun lalu itu dicari sampai dengan beberapa kelompok yang bisa sampai lebih dari 10 kita cari teman-temannya," sambungnya.

Maxi memastikan pihaknya langsung melakukan penelusuran kontak atau tracing pasca-temuan kasus pada 2022 maupun 2023. Sama halnya dengan COVID, cacar monyet juga bisa ditularkan melalui interaksi sosial.

Namun, tahun lalu Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19 sehingga intensitas masyarakat dalam berinteraksi satu sama lain tak selonggar saat ini.

Baca Juga: Waspada! Satu Orang Terkena Cacar Monyet Usai Kembali dari Luar Negeri, Begini kata Kemenkes

"Ya, tahun ini kenapa dia lebih besar? Karena tahun lalu masih COVID. Memang saat berbarengan dengan COVID PHEIC yang dikeluarkan WHO saat masih COVID. mungkin kelompok-kelompok tertentu itu belum pada ketemu, mungkin masih jarang ketemu," jelasnya.

Selain itu, kasus yang ditemukan pada Agustus 2022 diidap oleh pasien yang berkontak erat dengan penderita dari negara lain. Kemenkes pun langsung melokalisir pasien serta menggenjot tracing.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x