Konsumsi Lima Makanan Ini Bisa Menjaga Fungsi Otak dan Daya Ingat

- 10 Desember 2023, 18:30 WIB
 Ilistrasi otak. Asupan makanan tertentui dapat meningkatkan memori otak
Ilistrasi otak. Asupan makanan tertentui dapat meningkatkan memori otak /

PRIANGANTIMURNEWS - Menurunnya saya ingat dan fungsi otak bisa terjadi pada siapa saja. Hal itu selain karena faktor usia juga asupan gizi dari makanan.

Namun tak perlu khawatir, ada lima makanan yang bisa menjaga agar fungsi otak dan daya ingat tetap terjaga. Asupan makanan ini diyakini bisa membantu mempertajam fokus hingga meningkatkan daya ingat, jarak perhatian, dan fungsi otak.

Seseorang dapat meningkatkan peluang untuk menjaga kesehatan otak jika menambahkan makanan dan minuman pilihan ke dalam pola makannya.

Baca Juga: Ade Armando Dilaporkan ke Polda DIY Terkait Dugaan Ujaran Kebencian

Dilansir dari laman Webmd, Minggu 10 Desember 2023, berikut daftar makanan yang dapat membantu menutrisi otak sehingga mendukung daya ingat dan konsentrasi, di antaranya:

1.Kafein
Untuk meningkatkan IQ atau membuat seseorang lebih pintar, ada zat tertentu seperti kafein yang bisa memberi energi dan membantu seseorang lebih berkonsentrasi.

Kafein memberikan sensasi bangun tidur yang nyaman, meskipun efeknya hanya bersifat jangka pendek. Tetapi konsumsinya harus dalam jumlah sedang, karena mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat risih dan tidak nyaman.

Baca Juga: Alhamdulillah Sah! Adiba Khanza dan Egy Maulana Vikri Resmi Menjadi Sepasang Suami Istri

2. Glukosa
Glukosa yang memproses tubuh dari gula dan karbohidrat yang dimakan bisa memberi nutrisi pada otak. Namun makanan hanya buah dapat memberikan peningkatan jangka pendek pada daya ingat, berpikir, dan kemampuan mental.

Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, ingatan seseorang bisa terganggu. Kurangi konsumsi gula tambahan, karena dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x