Ternyata Penderita Kanker Paru Bisa Hidup Layak Guys! Asal Disiplin Aturan Dan Tidak Mager

- 20 Desember 2023, 17:58 WIB
Ilustrasi kanker paru/Pexels/Anna Tarazevich//
Ilustrasi kanker paru/Pexels/Anna Tarazevich// /

PRIANGANTIMURNEWS - Penelitian terbaru dari Curtin University nge-reveal kalo buat orang yang deal sama kanker paru yang ogah kalah, tetep bisa stay alive lebih lama dengan nyisihin waktu buat olahraga cuma kurang dari 5 menit sehari.

Menurut Hindustan Times, pada Selasa 19 Desember 2023 kemarin, tim dari Curtin School of Allied Health, Curtin enAble Institute, dan lembaga penelitian lainnya nge-stalk aktivitas sehari-hari 89 penderita kanker paru yang udah di titik no way out.

Trus, mereka bandingin angka kematian setelah 1 tahun buat yang rajin gerak, kayak jalan kaki, sama yang mostly rebahan doang.

Baca Juga: Kapolres, Wali Kota dan Ketua DPRD Musnahkan Ribuan Botol Miras

Orang-orang yang rajin gerak lebih dari 4,6 menit tiap hari punya risiko mati 60% lebih rendah setelah setahun, dibanding yang mager.

Pemimpin riset dan mantan rekan pascadoktoral Dewan Kanker WA, Profesor Vin Cavalheri bilang, ini krusial buat nanganin orang yang terjebak kanker paru yang udah mentok.

"Sebelumnya kita udah nunjukin kalo orang-orang dengan kanker paru yang nggak bisa dioperasi jarang gerak dan hampir enggak pernah olahraga sebelum dimulaiin pengobatan," itu beberapa kalimat yang dibilang sama Cavalheri.

Baca Juga: Milad Ke 71 SMPN 2 Kota Tasikmalaya Usung Tema 'Nyaah Ka Sakola Nyaah ka Baraya'

Cavalheri lanjutin, temuan baru itu nunjukkin banget kalo penyedia layanan kesehatan harus keep an eye pada tingkat aktivitas fisik pasien di fase awal kanker paru yang udah hopeless.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x