Lima Manfaat Makan Petai untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengontrol Gula Darah

- 22 Desember 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi petai yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi petai yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh /ANTARA

PRIANGANTIMURNEWS- Petai dengan nama latin Parkia speciosa bukan hanya enak dimakan untuk lalap, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di balik aroma dan rasanya yang khas ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Petai ini bahkan sering digunakan sebagai obat herbal.

Di Indonesia, petai jadi salah satu makanan yang cukup digemari. Sayuran ini dapat dimakan mentah, ditumis atau diolah menjadi berbagai campuran hidangan yang enak untuk disantap.

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Berikut Link Live Streaming Debat Cawapres Pemilu 2024

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat 22 Desember 2023 berikut sederet manfaat konsumsi petai bagi kesehatan tubuh:

1. Mengontrol Gula Darah
Petai merupakan salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah. Hal ini terjadi berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol di dalam petai yang mampu mencegah terjadinya kadar gula darah.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat petai selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium di dalam petai yang mampu menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil.

Baca Juga: Diduga Jantung, Chef Haryo Pramoe yang Dikenal Murah Hati Tutup Usia

3. Mengatasi Infeksi
Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai terlihat dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Temuan ini memberi petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur.

Meski begitu, data tersebut belum dapat disimpulkan bahwa manfaat petai terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x