Ini Makanan Sehat agar Organ Hati tetap Sehat

- 11 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi makanan sehat./ Pexels @jane trang doan
Ilustrasi makanan sehat./ Pexels @jane trang doan /

PRIANGANTIMUR NEWS- Hati merupakan organ tubuh yang paling vital. Karena hati menjalankan lebih dari 500 fungsi vital dalam tubuh mulai dari menyaring racun hingga mengatur gula darah.

Seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Minggu (7/4), CEO salah satu pendiri Oorla Saravana Kumar Mohanraj mengatakan banyak makanan lezat yang memberikan pengaruh kuat dalam hal kesehatan hati.

"Sayuran kucifer seperti brokoli dan kembang kol adalah yang terbaik dalam detoksifikasi karena kandungan sulforaphane dan lemak sehatnya, seperti yang ditemukan dalam alpukat dan minyak zaitun, membantu penyerapan vitamin esensial dan melindungi sel-sel hati," katanya.

Baca Juga: Lima Cara untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran

Makanan lain yang juga memiliki nutrisi baik untuk hati adalah beras merah. Beras merah adalah sumber serat yang baik yang membantu mengatur pencernaan dan menjaga racun agar tidak bergerak ke seluruh tubuh.

Baca juga: Hati-hati kelebihan protein berisiko rusak organ vital

Baca juga: Kopi hingga tahu baik untuk kesehatan liver

Selain itu, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi berkelanjutan, mencegah lonjakan gula darah yang dapat membuat hati stres.

Mohanraj juga mengatakan biji soba juga baik untuk proses detoksifikasi tubuh. Biji soba kaya akan mineral penting seperti fosfor, serta tembaga dan magnesium yang memainkan peran penting dalam metabolisme energi dalam sel hati.

Baca Juga: WBP Lapas Tasikmalaya Mendapat Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H, 2 Bebas

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x