Hati-hati Konsumsi Junk Food Instan Bagi Ibu Hamil, Kenapa? Ini Alasannya!

- 10 Februari 2024, 07:12 WIB
Ilustrasi makanan cepat saji.
Ilustrasi makanan cepat saji. /}Pexels/Engin Akyurt

PRIANGANTIMURNEWS - Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environmental International, wanita hamil sebaiknya mempertimbangkan dengan cermat sebelum memilih burger keju maupun membeli kue kemasan.

Informasi yang dilansir oleh Hindustan Times pada Rabu 8 Februari 2024 mengungkapkan, bahwa bahan yang bersentuhan dengan atau menjadi pembungkus makanan yang mengandung senyawa ftalat, suatu jenis bahan kimia terkait dengan plastik.

Ftalat ini dapat menembus aliran darah melalui plasenta, selanjutnya mencapai aliran darah janin, yang dapat menimbulkan stres oksidatif serta peradangan pada janin, demikian catatan dari para peneliti.

Baca Juga: Ora Umum! 7 TPS di Wilayah Denpasar Bali Seluruhnya Dikerjakan Oleh Kaum Emak

Penelitian sebelumnya telah mengisyaratkan, bahwa paparan ftalat selama dalam kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi dengan berat rendah, kelahiran prematur, dan juga dapat berkontribusi pada gangguan kesehatan mental anak, semisal autisme juga ADHD.

Dokter anak dengan peneliti di Seattle Children’s Research Institute, Dr. Sheela Sathyanarayana, yang merupakan penulis senior studi tersebut, menyatakan, "Ketika ibu terpapar bahan kimia ini, senyawa tersebut bisa melewati plasenta kemudian masuk ke dalam sirkulasi janin."

Temuan para peneliti juga mencatat bahwa makanan ultra proses berkontribusi sebanyak 10% sampai 60% dari cara makan ibu hamil, dengan rata-rata sekitar 38,6 persen.

Baca Juga: Perut Buncit? Basmi Dengan Minuman Berbahan Jahe, Sederhana Namun Fakta!

Bahkan, setiap peningkatan 10% dalam mengkonsumsi makanan ultra proses dikaitkan dengan peningkatan konsentrasi senyawa di(2-ethylhexyl) phthalate sebanyak 13 persen, yang merupakan salah satu jenis ftalat yang paling umum juga berbahaya.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x