Pada 12 April, Kemenag Siapkan 86 Lokasi Terbesar di 34 Provinsi Untuk Pemantauan Hilal Awal Ramadhan 2021

- 9 April 2021, 16:07 WIB
 Ilustrasi pemanyauan hilal 2021.
Ilustrasi pemanyauan hilal 2021. /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan Sidang isbat beserta pemantauan hilal pada tahun ini akan dilaksanakan pada 12 April 2021.

Pemantauan posisi bulan sabit atau hilal guna menetapkan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah, pemerintah melalui Kementerian Agama menyiapkan 86 lokasi tersebar di 34 provinsi.

Lokasi pemantauan hilal paling banyak di Jawa Timur 25 lokasi. Kemudian di Jawa Barat delapan lokasi. Demikian dikutip Priangantimurnews.com dari laman resmi Kementerian Agama, Jumat 9 April 2021.

Kamaruddin menjelaskan, hasil pengamatan hilal atau rukyat hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadhan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Baca Juga: Dibalik Makna Tradisi Munggahan Menjelang Bulan Ramdhan

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Syakban 1442 H. Sidang akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi Kementerian Agama RI," katanya.

Ia menambahkan, tahun ini sidang isbat dilaksanakan secara daring dan luring. Sidang isbat awal Ramadhan akan dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Kemudian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Informasi Geospasial, Bosscha Institut Teknologi Bandung, Planetarium, pejabat Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Baca Juga: Sambut Ramadhan dengan Ziarah Kubur, Ini Hukum dan Tata Caranya

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kementerian Agama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x