Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Fadhilah Sholat Tarawih Malam Kelima

- 16 April 2021, 12:28 WIB
Umat muslim sedang bersiap melaksanakan sholat tarawih.
Umat muslim sedang bersiap melaksanakan sholat tarawih. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS– Fadhilah atau keutamaan sholat tarawih setiap malam memiliki perbedaaan-perbedaan, sebab sholat tarawih adalah sholat yang hanya dilakukan pada bulan ramadhan.

Sholat Tarawih merupakan sholat sunnah di bulan ramadhan. Setelah sholat tarawih biasanya di akhiri dengan sholat witir.

Bilangan rakaat sholat tarawih terdapat beberapa pendapat. Namun, kebiasaan orang Islam khususnya di Indonesia menggunakan bilangan 20 rakaat sholat tarawih dan 3 sholat witir menjadi 23 rakaat.

Akan tetapi ada juga yang menggunakan bilangan 8 rakaat sholat tarawih dan 3 sholat witir menjadi 11 rakaat, tapi sebelum sholat tarawih dilakukan terdapat tausyiah atau ceramah seputar keagamaan.

Baca Juga: Keutamaan Berpuasa Pada Bulan Ramadhan Hari Ke-4

Tidak terasa, sholat tarawih telah memasuki malam kelima, dilansir priangantimurnews dari kitab Durrotun Nashihin dalam bab tentang keistimewaan bulan ramadhan yang mana terdapat keutamaan sholat Tarawih malam kelima, yaitu:

و في الليلة الخامسة اعطاه الله تعالى مثل من صلى في المسجد الحرام والمسجد المدينة و المسجد الاقصى

Artinya : “Pada Malam kelima, Allah Swt memberikan pahala bagi yang tarawih sebagaimana pahalanya orang yang sholat di masjidil harom, masjid madinah atau nabawi, dan masjidil aqsha.”

Masjid Harom, Masjid Nabawi, dan Masjid Aqsha merupakan mesjid bersejarah dan masjid suci dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad Saw.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x