Doa Akhir Ramadhan dan Doa Malam Idul Fitri: Arab, Latin, Terjemah, dan Tatacara Melaksanakannya

- 12 Mei 2021, 16:08 WIB
Ilustrasi akhir malam bulan Ramadhan
Ilustrasi akhir malam bulan Ramadhan /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Di sini kami akan membagikan doa Akhir Ramadhan dan doa menyambut malam Idul Fitri beserta tatacara melaksanakannya sebagaimana yang kami terima dari Ijazah Syeikh Ahmad Halwani Nawawi Al-Barjani.

Di sini pula kami akan membagikan bacaan dalam tulisan latinnya untuk memudahkan bagi siapa saja yang belum memahami bacaan Arab dengan lancar.

Dan kami juga akan membagikan terjemahan dari masing-masing doa agar dapat dipahami dan dihayati secara seksama. Berikut doanya:

Baca Juga: Idul Fitri Jatuh Pada Kamis, 13 Mei 2021, Ini Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

1. Doa Akhir Ramadhan: Ijazah dari Syeikh Ahmad Halwani Nawawi Al-Barjani

اللهم اختم رمضان لنا ولكم بالقبول. و اجعل صيامنا وصيامكم وصيلة للطهور. واجعل قيامنا وقيامكم تكفيرا للذنوب طول الدهور. اللهم ثبت حبنا و حبكم لله العزيز الغفور. و ثبت حبنا وحبكم لسيدنا وشفيعنا ومولانا محمد و على اهل بيته اهل الصدق و الطهور. اللهم اجعلنا و اياكم من العاءدين والفاءزين و كل عام و انتم بخير.

Allahumma ukhtum Romadlona lanaa wa lakum bil-qobuul. Waj'al shiyaamanaa wa shiyaamakum washiilatan lit-tluhuur. Waj'al qiyaamanaa wa qiyaamakum takfiiron lid-dzunuubi thuulad-duhuur. Allahumma tsabbit hubbanaa wa hubbakum lillaahi al-'azizi al-ghofuur. Wa tsabbit hubbanaa wa hubbakum lisayyidinaa wa syafii'inaa wa mawlaanaa muhammadin wa 'alaa ahli baitihi ahlis-shidqi wat-thuhuur. Allaahummaj'alnaa wa iyyaakum minal-'aaidiina wal-faaiziina wa kulla 'aamin wa antum bikhoir.

Baca Juga: 20 Ucapan ‘Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H’ Cocok untuk Status di Media Sosial

Artinya:
Ya Allah akhirilah ramadan kami dengan penerimaan. Dan jadikanlah puasa kami sebagai wasilah bagi kesucian. Dan jadikanlah salat malam kami sebagai kifarat atas dosa-dosa sepanjang masa. Ya Allah, tetapkanlah rasa cinta kami padaMu yang maha agung dan maha pengampun. Dan tetapkanlah rasa cinta kami kepada jungjunan kami - pemberi syafa'at kami - kekasih kami Muhammad dan keluarganya yang ahli kebenaran dan kesucian. Ya Allah, jadikanlah kami dari orang-orang yang kembali dan berbahagia dan setiap tahun ada dalam kebaikan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kitab Khaziinatul Asraar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x