Selain Puasa Arafah, Inilah Amalan Utama yang Dianjurkan di 10 Hari Bulan Dzulhijjah

- 11 Juli 2021, 13:45 WIB
Selain puasa Arafah, haji dan umrah juga merupakan amalan yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah.
Selain puasa Arafah, haji dan umrah juga merupakan amalan yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah. /Pixabay/chzaib/

PRIANGANTIMURNEWS- Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang diagungkan oleh Allah, karena bulan tersebut termasuk salah satu dari 4 bulan haram, yakni Rajab, Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Di bulan Dzulhijjah juga Allah akan melipatgandakan setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh setiap orang. Begitupun amal kebaikan yang dilakukan di 3 bulan haram lainnya.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan ke-12 dalam penanggalan kalender hijriyah, di mana bulan tersebut merupakan bulan penutup sebelum memasuki tahun baru hijriyah yang jatuh pada bulan Muharram.

Baca Juga: Siapkan KK dan KTP! Cara Cek Bansos PKH Rp900 Hingga Rp3 Juta Sesuai Kriteria, Melalui Laman Resmi Kemensos

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang memiliki banyak keistimewaan, di antaranya, ada di 10 hari dan 10 malam pertama di bulan tersebut.

Bahkan, Allah mengabadikan keutamaan 10 malam pertama di Bulan Dzulhijjah tersebut dalam al-Quran melalui surat al-Fajr.

Allah berfirman: “Demi fajar, dan sepuluh malam (Dzulhijjah, Muharram, 10 malam terakhir Ramadhan).” (QS. Al-Fajr: 1-2).

Baca Juga: Cara Cek Daftar Penerima Bansos PKH Rp3 Juta, Berikut Kriteria Pelajar Hingga Lansia

Bahkan Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah, dan tidak ada amal shalih yang di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada di sepuluh hari (Bulan Dzulhijjah) ini." (HR. Ahmad).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x