Baca Doa-doa ini, Agar Urusanmu Senantiaiasa Dimudahkan Oleh Allah SWT

- 8 November 2021, 09:18 WIB
Orang yang berdoa.
Orang yang berdoa. /Pexels/
 
PRIANGANTIMURNEWS - Kebiasaan membaca doa dimudahkan segala urusan bisa menjadi kunci utama kita dalam mencapai keberhasilan. Segala upaya dan usaha tanpa disertai dengan doa tidak bisa berjalan dengan mulus.
 
Jangankan tanpa berdoa, orang yang rajin berdoa pun bahkan tetap menemui cobaan.
 
 Hanya saja orang tersebut akan menjadi lebih sabar dan tabah dalam menjalaninya dan tetap yakin bahwa setelah ujian tersebut berakhir dirinya akan mendapat kebahagiaan yang tidak terduga.
 
 
Tuhan menguji umatnya melalui dua hal yaitu kebahagiaan dan kesulitan. 
 
Melalui dua hal tersebut kita sebagai umat-Nya dianjurkan untuk bedoa sebelum melakukan sesuatu agar urusan kita dipermudah. 
 
Kesulitan bisa datang kesiapapun dan dengan cara apapun. Oleh karena itu kita perlu berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan segala urusan kita.
 
Berikut beberapa bacaan doa dimudahkan segala urusan yang bisa membantu mempermudah segala urusan kita di kehidupan sehari-hari.
 
 
1. فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
 
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alam Nasyrah: 5-6).
 
 
2. اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
 
Latin: “Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla,”
 
Artinya: “Ya Allah tak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah dan yang sulit bisa Engkau permudah bila Engkau kehendaki mudah.” (HR. Ibnu Hibban)
 
3. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي
 
Latin: “Rabbisyrahli shadri wa yassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisani yafqahu qauli.” (QS. Surat Taha: 25-27)
 
Doa lain yang bisa diamalkan agar urusannya dimudahkan:
 
4. اللهم يسر لنا امور الدين و الدنيا و الاخرة
 
Allahumma yassir lanaa umuuroddiini waddunyaa wal akhirah"
 
Ya Allah, mudahkanlah untuk kami urusan-urusan agama dan urusan-urusan dunia, dan urusan-urusan akhirat.
 
5. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ
 
Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):"Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS. Surat Al Baqarah: 286).
 
 
Itulah beberapa doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca agar dimudahkan dalam segala urusan kita.***
 
 

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x