Lima Rumah Warga Garut Porakporanda Dilanda Banjir Bandang

- 8 November 2021, 07:47 WIB
Warga sedang mengevakuasi material longsor yang menutup badan jalan  akibat longsor yang terjadi Sabtu 6 November 2021 sore.
Warga sedang mengevakuasi material longsor yang menutup badan jalan akibat longsor yang terjadi Sabtu 6 November 2021 sore. /Aep Hendy/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Banjir bandang kembali melanda kawasan Garut. Kali ini banjir bandang melanda wilayah Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut.

Banjir bandang terjadi di Kampung Cilegong akibat terus menurus diguyur hujan, sehingga air sungai meluap.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Daris Hilman, menyebutkan banjir bandang di Kampung Cilegong terjadi Sabtu 6 November 2021 sore.

Baca Juga: Top Skor Sementara Liga Champions Per Awal November 2021, Cristiano Ronaldo Posisi Ke-6

Hal ini menyusul hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Garut termasuk di kawasan hulu daerah tersebut yang cukup deras dan lama.

"Hari itu hujan dengan intensitas tinggi terjadi di hampir seluruh kawasan Garut termasuk wilayah Sukaresmi dan sekitarnya. Hal ini telah menyebabkan aliran Sungai Cijerah meluap dan air masuk ke permukiman warga," ujar Daris, Minggu 7 November 2021.

Dikatakannya, banjir bandang di daerah tersebut telah menyebabkan sejumlah kerusakan, di antaranya 5 rumah warga yang berlokasi di Kampung Cilegong, Desa Sukalilah.

Baca Juga: Longsor di Gunung Wayang Garut, Akses Jalan Pakenjeng-Bungbulang Tertutup

Ke-5 rumah yang terkena dampak cukup parah itu memang terletak di pinggiran Sungai Cijerah yang airnya meluap.

Dari 5 rumah yang terdampak, tuturnya, 2 di antaranya mengalami kerusakan berat dan 3 rumah lainnya terendam lumpur setinggi sekitar 30 centimeter. Selain 5 rumah, banjir bandang juga telah menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas lainnya.

Menurut Daris, selain di wilayah Desa Sukalilah, banjir bandang di Kecamatan Sukaresmi juga melanda sejumlah titik di Desa Sukaresmi. Sebuah jembatan yang ada di daerah tersebut mengalami kerusakan berat sehingga akses jalan menjadi terputus total.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x