Buya Yahya Menjelaskan Berbagai Keutamaan Malam Nisfu Syaban

- 24 Februari 2022, 21:31 WIB
Buya Yahya Menjelaskan Berbagai Keutamaan Malam Nisfu Syaban.
Buya Yahya Menjelaskan Berbagai Keutamaan Malam Nisfu Syaban. /ANTARA FOTO/

PRIANGANTIMURNEWS- Bulan Sya'ban merupakan salah satu bulan yang berada di pertengahan antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan, terdapat sejumlah keutaman dan keistimewaan dalam bulan ini.

Bahkan, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, paling sering berpuasa di bulan Syaban, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, hingga menjelang bulan Ramadhan datang.

Dalam hadis dari Aisyah radhiyallahu anha, mengatakan:

"Terkadang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa beberapa hari sampai kami katakan, ‘Beliau tidak pernah tidak puasa, dan terkadang beliau tidak puasa terus, hingga kami katakan: Beliau tidak melakukan puasa.

Baca Juga: KASUS SUBANG, INI KRONOLOGI PEMBUNUHAN IBU DAN ANAK DARI AWAL HINGGA DITEMUKAN KORBAN DI MOBIL ALPHARD  

Dan saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering ketika di bulan Sya'ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Selain itu, di dalam bulan Syaban terdapat malam Nisfu Syaban yang menjadi merupakan malam pertengahan di dalam bulan Syaban.

Malam nisfu Syaban menjadi malam yang penuh dengan ampunan. Hal ini dikarenakan Allah SWT akan mengampuni segala perbuatan serta dosa hamba-Nya.

Kecuali dosa menyekutukan Allah SWT dan orang yang memiliki kebencian dan permusuhan sesama manusia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube Al-Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x