Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sebut Peringati Isra Mi'raj Bagian dari Spirit Pancasila

- 28 Februari 2022, 08:30 WIB
   Wakil Gubernur Jabar Uu Ruhzanul Ulum, saat memberikan ceramah pada peringatan hari besar Isra Mi'raj 1443 Hijriyah  
 Wakil Gubernur Jabar Uu Ruhzanul Ulum, saat memberikan ceramah pada peringatan hari besar Isra Mi'raj 1443 Hijriyah   /Edi Mulyana/PrianganTimurNews
 
PRIANGANTIMURNEWS - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, di Masjid Al Mukhbitiin, Perum Griya Inti Desa Babakan Peuteuy Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.
 
Peringatan hari besar Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW merupakan bagian dari syiar Islam, mengagungkan kebesaran Allah SWT sebagai pencipta langit dan bumi serta seisinya.
 
Di peringatinya Isra mi'raj Nabi Muhammad SAW dan kebesaran Allah, merupakan bukti keimanan dan ketakwaan kita dan para jemaah Masjid Al Mukhbitiin.
 
 
"Siapa yang meninggikan kebesaran Allah SWT itulah bukti seseorang memiliki keimanan dan ketakwaan," kata, Wagub, Uu kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Senin 28 Februari 2022.
 
Katanya, menjalankan perintah agama dengan sebaik- baiknya sejalan dengan dasar negara Pancasila, yakni sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa. Pancasila sendiri merupakan sumber hukum, sumber kekuatan yang utama di Indonesia.
 
Dengan menggelorakan spirit keagamaan, maka sekaligus menjalankan nilai- nilai nasionalisme dan kebangsaan. Makanya peran ulama dan mubaligh dalam menjaga kedaulatan NKRI menjadi strategis.
 
 
Spirit keagamaan merupakan sila pertama Pancasila. Pemerintah di berbagai tingkatan tidak boleh membuat keputusan tanpa dinaungi dasar Pancasila.
 
"Dalam Pancasila ada Ketuhanan yang Maha Esa, tentu dalam membuat keputusan pemerintah harus dinaungi dengan keimanan dan ketakwaan,"kata, Uu.
 
Pancasila hukum yang tertinggi, Ketuhanan yang Maha Esa, sila pertama. Tidak boleh membuat keputusan tanpa didasari dengan Pancasila, tentunya harus dinaungi keimanan dan ketakwaan.
 
 
Kegiatan hari besar keagamaan Islam seperti halnya Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, juga menjadi salah satu implementasi dari Pancasila. Sementara Pancasila merupakan pedoman yang dilahirkan para pendiri negara Indonesia.
 
Negara tidak mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan keagamaan tidak sesuai dengan Pancasila.
 
"Peringatan hari besar, sebenarnya merupakan kegiatan multidimensi ditinjau segi agama maupun dari gama,"kata Uu.
 
 
Uu juga menyebut, Provinsi Jawa Barat saat ini memiliki program Jabar Juara lahir batin, di mana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tidak hanya ingin Jabar Juara dalam bidang materil saja, namun juga moral dan batiniyah warganya. 
 
Dengan begitu diharapkan pembangunan yang seimbang baik urusan duniawi dan ukhrawi.
 
Dalam bidang lahir, biasa berbicara tentang kesehatan, ada dokter, bidang pendidikan ada guru dan dosen, maka dalam bidang bathin pemerintah butuh peran para ulama.
 
"Saya berterima kasih kepada para ulama yang selama ini telah mencurahkan karya dan jasanya yang turut membangun peradaban manusia di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat."ujar  Uu.***
 

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x