Astaqfirllah, Ini Dosa-dosa yang Tidak Diampuni di Malam Nisfu Sya’ban

- 16 Maret 2022, 20:22 WIB
Ilustrasi kebiasaan perempuan yang  menyebabkan dosa
Ilustrasi kebiasaan perempuan yang menyebabkan dosa /pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Tidak semua Dosa diampuni di malam Nisyfu Sya'ban. Ada dua dosa yang tidak diampuni di malam nisfu sya`ban yaitu perbuatan musyrik dan perbuatan munafik yang menyebabkan perpecahan.

Malam Nisfu Sya’ban atau malam pertengahan di bulan Sya’ban merupakan salah satu waktu istimewa dalam Islam.

Sebagai malam istimewa, tentu memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pengampunan dosa bagi orang-orang mukmin. Sehingga malam ini juga disebut sebagai lailatul maghfirah (malam pengampunan).

Baca Juga: Profil Rudy Salim, Pengusaha Sukses yang Namanya Terseret Dalam Kasus Indra Kenz

Ada beberapa hadits yang mendasari penjelasan ini, salah satunya adalah sabda Rasulullah SAW berikut:

Artinya: “Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya‘ban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan.” (HR Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu‘adz bin Jabal).

Hadits di atas menjelaskan bahwa malam Nisfu Sya’ban merupakan malam pengampunan dosa, sehingga pada malam tersebut juga Allah Swt menganjurkan banyak anjuran amal sunah seperti shalat dan memperbanyak doa.

Baca Juga: Prediksi Skor Bayer Leverkusen vs Atalanta, H2H, Berita Tim, Starting XI: Liga Eropa UEFA 2021-22

Hanya saja, hadits di atas juga menjelaskan ada dua dosa yang tidak diampuni yaitu perbuatan musyrik (menyekutukan Allah) dan perbuatan munafik yang menyebabkan perpecahan.

Walaupun kualitas hadits di atas dha’if (lemah), namun masih tetap bisa diamalkan karena terkait dengan fadhâilul a’mâl. Kedha’ifannya juga tidak terlalu parah.

Hal ini merupakan pendapat mayoritas ulama hadits sebagaimana yang telah disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Taqrîb-nya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x