Cara Menjelaskan Kepada Anak Tentang Kufur atau Kafir

- 26 Maret 2022, 14:02 WIB
Ilustrasi mendidik anak.
Ilustrasi mendidik anak. /Pixabay/Sasint

PRIANGANTIMURNEWS - Pendidikan kepada anak harus jelas dalam memberikan penyampaian dan penjelasan terutama yang berkaitan dengan Islam.

Keingin tahuan seorang anak sangat tinggi sehingga kita sebagai orang tua harus mampu menjelaskan dengan baik tepat dan bisa dimengerti oleh sang anak. 26 Maret 2022.

Ketika anak bertanya, “Kufur itu apa sih Bu?” Kita dapat menjawabnya secara sederhana bahwa kufur adalah pengingkaran atau penolakan baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan terhadap sebuah kebenaran atau kenyataan.

Baca Juga: Hadis dan Keutamaan Kepala Keluarga dalam Mencari Nafkah

Sedangkan kafir adalah orang yang ingkar atau orang yang berbuat kufur. Kafir adalah orang yang tidak percaya atau tidak beriman. Sebaliknya, keimanan adalah penerimaan atau kepercayaan atas adanya sesuatu.

Misalnya, “Kalau seseorang berkata kepadamu, ‘Dalam sakuku ada uang sebanyak, katakanlah, sepuluh ribu rupiah,’ dan hatimu membenarkan apa yang diucapkannya itu, maka itu berarti kamu percaya/beriman tentang adanya sepuluh ribu dalam sakunya itu.

Rasulullah Tegur Abu Bakar karena Melaknat Orang Kafir Demikian pengertian dan contoh sederhana dari kata kufur/kafir. Kufur/kafir itu sederhananya adalah ingkar atau tidak percaya. Tentu saja pengertian ini sangat sederhana.

Baca Juga: Jurgen Klopp Siap Melatih Real Madrid di Masa Depan, Apa Kabar Liverpool?

Nah secara agama, kufur/kafir memiliki istilah sendiri yang berkaitan dengan keagamaan. “Kufur biasa digunakan untuk kegiatan seseorang yang tidak percaya kepada Allah dan Nabi Muhammad saw.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x