Bolehkah Manusia Mempercayai Jin? Simak Penjelasannya

- 30 Mei 2022, 16:11 WIB
 Ilustrasi Jin/pixabay
 Ilustrasi Jin/pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Jin itu makhluk yang sama dengan manusia. Artinya, ia sama-sama mempunyai kewajiban untuk beribadah kepada Allah.

Tetapi bentuk (jisim) manusia dengan jin itu berbeda. Manusia diciptakan dari unsur tanah dan jin dari unsur api. Jin dapat melihat manusia, manusia tidak bisa melihat jin.

Islam sendiri tidak kaku. Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk tidak melihat siapa yang berbicara, melainkan lihatlah apa yang dibicarakannya. Karena itu, sepanjang ucapan itu baik, tidak ada salahnya untuk diikuti.

Baca Juga: Wow! Puasa Senin dan Kamis Ternyata Bisa untuk Memperlancar Jodoh

Namun demikian, kita harus waspada. Saya sendiri tidak begitu dalam menekuni ilmu tentang jin.

Pengetahuan saya hanya sebatas bagaimana mengobati (menyingkirkan secara halus) makhluk jin yang mengganggu manusia dan berdialog secara batin.

Karena keterbatasan manusia untuk mengetahui dari jenis mana jin yang berbicara itu, akan lebih baik jika harus memasang sikap hati-hati.

Baca Juga: Contoh Rundown Acara Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, yang Baik dan Benar, Simak Disini

Sebab, boleh jadi jin itu sebenarnya kafir, namun karena ingin menyesatkan manusia maka ia menyamar sebagai muslim dan berbicara yang baik-baik (pada awalnya) dan setelah orang merasa percaya, baru dia melancarkan aksi penipuannya.

Untuk menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, saya pribadi lebih memilih untuk tidak melakukan hal yang aneh-aneh yaitu dalam hal ini mempercayai jin.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @pakarkejawen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x