Berikut Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

- 7 Juli 2022, 08:38 WIB
Ilustrasi padang Arafah.
Ilustrasi padang Arafah. /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Salah satu syarat sah atau tidaknya umat muslim dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT adalah niat.

Termasuk saat kita hendak melaksanakan ibadah puasa Tarwiyah dan puasa Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah, sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim.

"Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Seseorang akan mendapatkan apa yang ia niati. Barangsiapa melakukan hijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa melakukan hijrah karena harta yang dicari, atau karena perempuan yang dinikahi, maka hijrahnya sesuai dengan yang dituju,".

Baca Juga: Melur untuk Firdaus episode 26. Firdaus Menghajar Zain. Melur Kecewa kepada Firdaus

Berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang hukumnya adalah wajib maka niat puasa biasanya dilakuakn di waktu malam sejak selepas Magrib hingga terbit fajar.

Niat puasa Tarwiyah dan Arafah tidak mesti dilakukan pada malam hari, boleh dilakukan pada siang hari hingga waktu Dzuhur, asalkan tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Sama halnya dengan niat puasa di bulan Ramadhan. Niat puasa Tarwiyah dan puasa Arafah diniatkan di dalam hati, dianjurkan untuk diucapkan dengan lisan.

Baca Juga: Rizky Febian Ngamuk! Sule Sudah Tidak Menafkahi Nathalie Holscher!?

Namun apabila niat berpuasa Tarwiyah dan puasa Arafah hanya diucapkan lisan saja tetapi hati tidak berniat maka puasanya tidak sah.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x