AS Mendekati 500.000 Kematian karena COVID-19

- 22 Februari 2021, 18:46 WIB
Presiden A.S. Joe Biden saat menerima dosis kedua vaksin Covid-19.
Presiden A.S. Joe Biden saat menerima dosis kedua vaksin Covid-19. /Instagram/@joebiden/

PRIANGANTIMURNEWS- Amerika Serikat kini menghadapi tonggak sejarah yang cukup kelam, karena negara itu tengah bersiap untuk menandai setengah juta kematian yang mengejutkan minggu ini karena Covid-19 dalam hampir setahun setelah pandemi virus corona baru menjungkirbalikkan negara dengan duel kesehatan masyarakat dan ekonomi.

Sementara jumlah kasus COVID-19 turun selama lima minggu berturut-turut dan para pejabat bergegas untuk menginokulasi populasi, negara itu justru bersiap untuk segera mencapai 500.000 kematian akibat penyakit pernapasan yang sangat menular.

"Tidak ada yang pernah kami alami dalam 102 tahun terakhir sejak pandemi influenza 1918. Ini benar-benar situasi yang mengerikan yang telah kami lalui - dan yang masih kami alami," kata Dr. Anthony Fauci , Penasihat medis COVID-19 Gedung Putih dan pejabat tertinggi penyakit menular negara itu seperti dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari laporan Reuters pada hari Minggu.

Baca Juga: Belajar dari Makanan 3 bersaudara : Kupat, Lemper, dan Lontong khas Jawa

Gedung Putih mengatakan akan memperingati momen itu tetapi tidak segera berkomentar pada hari Minggu tentang rencana tersebut.
Presiden Joe Biden bulan lalu mengamati kematian COVID-19 Amerika pada malam pelantikannya dengan upacara matahari terbenam di Lincoln Memorial's Reflecting Pool.

“Biden akan menggunakan suara dan platformnya sendiri untuk mengambil waktu sejenak untuk mengingat orang-orang yang nyawanya telah hilang, keluarga yang masih menderita pada saat yang masih sangat sulit di negeri ini," kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki kepada wartawan pada hari Jumat.

Lebih dari 28 juta kasus COVID telah mengguncang Amerika Serikat dan 497.862 telah meninggal, bahkan saat kematian rata-rata harian dan rawat inap telah turun ke level terendah sejak sebelum perayaan Thanksgiving dan Natal.

Baca Juga: 5 Arsitektur Bangunan yang Bersejarah dan Menawan di Indonesia

Virus itu mengambil satu tahun penuh dari harapan hidup rata-rata di Amerika Serikat, dan menjadi penurunan terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x