Belajar dari Makanan 3 bersaudara: Kupat, Lemper, dan Lontong khas Jawa

- 22 Februari 2021, 18:38 WIB
Lemper cantik.
Lemper cantik. /IG Kemendikbud/

PRIANGANTIMURNEWS- Berbicara soal makanan tidak akan pernah habis sebab negara Indonesia adalah negara beranekaragaman.

Di bumi nusantara ini, pasti sudah tidak asing lagi mendengar makanan tiga bersaudara yaitu kupat, lemper, dan lontong. Mengapa disebut tiga bersaudara, karena makanan tersebut memiliki banyak kesamaan salah satunya dibungkus menggunakan daun.

Meskipun, adanya perkembangan zaman dan teknologi semakin maju, makanan ini tetap enak dinikmati bila dibungkus menggunakan daun. Kupat, lemper dan lontong merupakan makanan khas jawa, baik itu Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Makanan ini juga termasuk makanan tradisional yang harus dilestarikan dan diproduksi agar dapat membantu perekonomian masyarakat.

Baca Juga: 5 Atsitektur Bangunan yang Bersejarah dan Menawan di Indonesia

Dikutip dari buku kemendikbud, disana ditulis secara terperinci mengenai makna penamaan dan pembelajaran yang di kupat, lemper dan lontong, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Kupat. Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Ketupat.
Makanan ini bebahan dasar beras dengan pembungkus dari daun kelapa. Kupat adalah menu yang wajib ada dalam hari raya Idul Fitri/ lebaran. Kupat sudah ada di Indonesia sebelum datangnya agama Islam.

Kupat memiliki arti khusus. Akronim dari kupat sendiri adalah ngaku lepat. Ngaku lepat berarti mengakui kesalahan. Kesalahan yang telah diperbuat selama menjalani kehidupan. Tak asing lagi kenapa kupat dijadikan menu wajib di bulan syawal itu, sebab di bulan syawal, seluruh umat manusia diciptakan dan dilahir kembali seperti bayi dilahirkan.

Baca Juga: Ini 10 Bagian Terenak Daging Sapi dan Cara Mudah Pengolahannya

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @Kemendikbud.ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x