Yuk Simak, Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Banjir

- 26 Februari 2021, 01:47 WIB
Ilustrasi banjir.
Ilustrasi banjir. /Pixabay/Hermann

PRIANGANTIMURNEWS- Sejumlah wilayah Indonesia khususnya DKI Jakarta dan Jawa Barat sedang mengalami bencana banjir.

Banjir adalah salah satu bencana alam yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan air meluap, serta masuk ke pemukiman warga.

Pemerintahan Indonesia, telah melalukan berbagai cara seperti membuat bendungan, tanggul, dan lain sebagainya untuk menangulangi bahaya banjir. Namun, akibat curah hujan yang tinggi dan sampah-sampah yang berserakan, banjir kembali terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Diisukan Pensiun dari Dunia Akting, Emma Watson Kini Sedang Fokus Pada Hal Ini

Dilansir priangantimurnews dari Instagram Kemenpupr (Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat) memberikan solusi yang haru dilakukan saat terjadi bencna banjir, yaitu:

Pertama, Putuskan koneksi listrik dan gas. Listrik dan gas sangat rentan terhadap air. Jika tidak segara diputuskan atau dilepaskan maka akan terjadi kebakaran.

Instansi listrik yang masih memiliki tegangan listrik yang besar sebaiknya langsung dicabut atau dimatikan, karena akan berbahaya jika didiamkan. Bahaya tersebut bukan hanya terjadi pada keluarga yang tidak mematikan atau memutuskan instansi listrik tapi bisa juga membahayakan penduduk sekitar.

Baca Juga: Mendikbud Terbitkan Kebijakan BOS Reguler dan DAK Fisik 2021 untuk Tingkatkan Mutu Operasional Sekolah

Kedua, Jangan berjalan dan berkendara di dalam banjir. Saat terjadi banjir, sebaiknya anda berdiam diri di rumah. Janagn menerobos air banjir.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenpupr.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah