6 Fakta Unik Tentang Istana Kepresidenan Cipanas, Puncak

- 18 April 2021, 18:55 WIB
Screenshot gambar bangunan Istana Kepresidenan di Cipanas Puncak Bogor.
Screenshot gambar bangunan Istana Kepresidenan di Cipanas Puncak Bogor. /Instagram Kemensetneg/

PRIANGANTIMURNEWS– Istana kepresidenan merupakan salah satu tempat atau bangunan yang dikhususkan untuk peristirahatan presiden.

Istana ini juga bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk para aparatur pemerintahan seperti para menteri, para wakil menteri, dan orang-orang yang berkaitan dengan kementerian pemerintahan.

Istana kepresidenan terdapat di beberapa tempat, salah satunya di Jakarta. Selain itu, terdapat juga di Puncak, Bogor yang memiliki fakta unik.

Istana kepresidenan ini dibangun sejak tahun 1742 dan tepatnya berlokasi di Cipanas. Sehingga, Istana kepresidenan ini dikenal dengan nama Istana Kepresidenan Cipanas.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 18 April 2021, Kebohongan Al semakin terbuka, Mamah Rosa Menyudutkan Andin Diminta Jujur

Dilansir priangantimurnews dari Instagram Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) mengungkapkan fakta unik tentang Istana Kepresidenan Cipanas, Puncak sebagai berikut:

Pertama, Gedung Induk. Gedung Induk mulai dibangun pada tahun 1740 dengan gaya arsitektur yang berbeda dengan Istana kepresidenan di Jakarta.

Gaya arsitektur yang dipakai adalah perpaduan gaya bangunan musim panas kolonial Belanda yang disesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia. Material yang dipakai untuk membangun istana cipanas ini dominan dari kayu asli Indonesia.

Baca Juga: Di Anggaran 2020, Pemda Pangandaran Alami Kerugian 16,9 Miliar

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram Kemensetneg RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x