Presiden Jokowi Imbau Perkokoh Nilai Pancasila Untuk Menghadapi Rivalitas Antarideologi

- 1 Juni 2021, 23:05 WIB
Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Selasa (1/6/2021) pagi, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar.
Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Selasa (1/6/2021) pagi, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. /BPMI Setpres/Laily Rachev

PRIANGANTIMURNEWS- Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

Demikian  Presiden Joko Widodo saat menyampaikan amanat pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Hari Pancasila, meskipun telah menyatu dalam kehidupan bangsa Indonesia sejak negara ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah meningkatnya rivalitas antarideologi.

Baca Juga: Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Antikanker

Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

"Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi,” ujar seperti dikutip priangantimurnews.com dari [email protected].

Karena dengan berkembangnya semua teknologi dan perkembangan lainnya justru akan menuntut pada tantangan yang lebih untuk terus mengideologikan kebangsaan kita..

Dengan Era Revolusi 4.0 dan Koneksi 5G justru itu menjadi tantangan dalam permainan dunia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 1 Juni 2021 di Wilayah Jabar Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

 “Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini,” ujarnya mengingatkan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x