Patung Presiden Soekarno Diresmikan

- 6 Juni 2021, 14:12 WIB
Patung Soekarno yang menandakan sedang upacara merupakan momentum pertama kali Republik Indonesia menunjukkan angkatan perangnya yang siap mempertahankan kemerdekaan.
Patung Soekarno yang menandakan sedang upacara merupakan momentum pertama kali Republik Indonesia menunjukkan angkatan perangnya yang siap mempertahankan kemerdekaan. /Instagram @swtrenggono/

PRIANGANTIMURNEWS- Pasca peringati hari lahir Pancasila. Menyusul dengan diresmikannya patung Presiden pertama di Indonesia Ir.Soekarno yang kini telah diresmikan dan ditetapkan di Lapangan Bhinekka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dikutif priangantimurnews.com dari akun instagram @swtrenggono, dalam peresmian dihadiri Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Kepala Staf Angkatan Darat Andhika Perkasa.

"Patung Presiden pertama yang baru diresmikan memiliki kisah tentang sejarah Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi pertama pada Hari Angkatan Perang pada 5 Oktober 1946 di Yogyakarta, menjadi inspektur upacara," kata, akun Instagram @swtrenggono. Minggu 6 Juni 2021.

Baca Juga: Berawal dari Becanda Roy Suryo Laporkan 2 Orang Penggiat Media Sosial

Pada patung itu menandakan upacara tersebut merupakan momentum pertama kali Republik Indonesia menunjukkan angkatan perangnya yang siap mempertahankan kemerdekaan.

"Sesuai dengan tradisi saat itu para pimpinan tentara meminta kesediaan Bung Karno untuk menjadi inspektur upacara di atas kuda. Namun sebenarnya Bung Karno jarang naik kuda," ujarnya.

Baca Juga: Peran OJK dalam Penguatan Ekonomi Berkelanjutan

Pedahal Bung Karno sadar bahwa dirinya sebagai panglima tertinggi, akhirnya Bung Karno hanya latihan tiga hari dan kemudian bersedia menjadi inspektur upacara di atas kuda.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @swtrenggono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x