Peringati Hari Berdirinya ASEAN, Kemenkominfo Ungkap Fakta Awalan Kode Telepon Negara-Negara ASEAN

- 8 Agustus 2021, 21:18 WIB
Ilustrasi telepon atau hp penduduk ASEAN.
Ilustrasi telepon atau hp penduduk ASEAN. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS– ASEAN merupakan salah satu perkumpulan negara-negara Asia Tenggara yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) sebagai salah satu peringatan hari berdirinya ASEAN mengungkapkan fakta terkait awalan kode telepon negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Saat awal berdiri, ASEAN hanya memiliki 5 Anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura.

Seiring berjalannya waktu, hari ini negara yang tergabung dalam ASEAN berjumlah 11 Negara dengan Timor Leste sebagai negara terakhir.

Baca Juga: 14 Loker Terbaru dari Indofood bagi Lulusan SMA, SMK, D3, dan S1, berikut Syarat dan Ketentuannya

Dilansir priangantimurnews.com dari Instagram @kemenkominfo, berikut fakta terkait awalan kode telepon yang berbeda-beda di wilayah ASEAN.

Pertama, Awal kode telepon di negara ASEAN yaitu nomor +62 untuk Indonesia, +60 untuk Malaysia, +63 untuk Filipina, +66 untuk Thailand, +65 untuk Singapura, dan +673 untuk Brunei Darussalam.

Semua negara-negara diatas memiliki awalan +6, hal ini dikarenakan pada tahun 1964, Negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam dikelompokkan sebagai bagian dari area Asia Tenggara dan Oceania, yang kode teleponnya diawali dengan +6.

Kedua, awaln kode telepon di Negara ASEAN yaitu +84 untuk Vietnam, +856 untuk Laos, +855 untuk Kamboja.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah