Indonesia Berencana Akan Sediakan Suntikan Vaksin Booster Covid-19 Mulai Awal 2022 Nanti

- 25 Agustus 2021, 22:19 WIB
Cakupan vaksinasi penuh pada orang berusia 60 tahun ke atas baru mencapai 15,8 persen, terendah dari ketiga kelompok prioritas di Indonesia.
Cakupan vaksinasi penuh pada orang berusia 60 tahun ke atas baru mencapai 15,8 persen, terendah dari ketiga kelompok prioritas di Indonesia. /AFP/

PRIANGANTIMURNEWS- Indonesia berencana untuk membiarkan orang membayar suntikan vaksin Covid-19 mulai awal tahun depan.

"Kami akan membuka merek vaksin untuk umum yang kami dapatkan, sehingga yang ingin mendapatkan booster dapat memilih. Harga per suntikan tidak akan terlalu mahal. Sekitar 100.000 rupiah (S$9,40) masing-masing," Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengatakan kepada parlemen, Rabu 25 Agustus 2021.

Dia mengatakan suntikan booster akan tersedia setelah tujuan program vaksinasi nasional tercapai. Ini sekarang dijadwalkan untuk Januari 2022.

Baca Juga: Perbedaan Skema BSU Tahun 2020 dan 2021

Budi, yang menanggapi pertanyaan anggota komite kesehatan di DPR, mengatakan, bukan soal efektif tidaknya suntikan booster, tapi apakah etis untuk membiarkannya sekarang.

Dia mengatakan bahwa Indonesia sejauh ini telah memvaksinasi sebagian 58 juta orang, di mana 30 juta di antaranya divaksinasi lengkap, tetapi targetnya adalah 208 juta orang, di atas usia 12 tahun, yang akan divaksinasi.

Dia juga mengatakan bahwa varian Delta yang sangat menular dari virus corona telah membuat kekebalan kelompok tidak dapat dicapai dan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui bahwa Covid-19 diperlakukan sebagai endemik.

Baca Juga: Kapan Insentif Prakerja Gelombang 18 Cair, Cek Jadwalnya di Sini!

Suntikan vaksin di masa depan tidak akan gratis kecuali untuk orang miskin di bawah skema asuransi kesehatan yang disponsori pemerintah yang disebut BPJS, katanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Straits Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x