DKI Jakarta 4 Tahun Berturut Turut Menjadi Provinsi Demokratis

- 6 September 2021, 06:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Twitter @aniesbaswedan/

PRIANGANTIMURNEWS - Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, selama empat tahun berturut-turut berhasil menjadi provinsi paling demokratis se-Indonesia.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pencapaian itu berdasarkan rilis dari Indek Demokrasi Indoesia (IDI) tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS), angka Indek Demokrasi Indonesia mencap 89,21 persen.

"Alhamdulillah, dalam rilis Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS), angka IDI Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat satu secara nasional dengan nilai indeks sebesar 89,21," kata Anies seperti dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Senin 6 September 2021.

Baca Juga: Waspada! Jambret di Gang Marak Terjadi di Bandung

Pemprov DKI Jakarta berhasil mempertahankan posisi peringkat satu selama empat tahun berturut-turut, sejak 2017.

"IDI Provinsi DKI Jakarta selalu meraih kategori baik dan nilai IDI DKI terus bertumbuh, yakni 84,73 pada 2017, 85,08 pada 2018, dan 88,29 pada 2019," kata Anies.

Angka pencapaian ini menunjukkan bahwa warga Jakarta semakin matang dalam berdemokrasi.

Baca Juga: Kabar Gembira, Anak Usia SMP Dapat Bansos PKH Rp1,5 Juta, Ikuti Langkah Brikut ini

Pertumbuhan demokrasi ini hanya bisa terwujud berkat kolaborasi seluruh stakeholder dan komponen masyarakat yang telah menjaga DKI Jakarta tetap kondusif dan demokratis.

"Ada tiga aspek yang dinilai dalam penghitungan nilai IDI. Yakni, aspek kebebasan sipil, aspek hak-hak politik dan aspek lembaga demokrasi," kata Anies.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @aniesbaswedan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah