BMKG Himbau, Waspadai Badai La Nina di Akhir Tahun 2021 hingga Awal Tahun 2022

- 19 Oktober 2021, 14:21 WIB
Dari kiri, Kepala Balai MKG Wilayah II Ciputat Tangerang Selatan Hendro Nugroho, Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap Taruna Mina Rachman dan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu di Pangandaran, Selasa, 19 Oktober 2021.
Dari kiri, Kepala Balai MKG Wilayah II Ciputat Tangerang Selatan Hendro Nugroho, Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap Taruna Mina Rachman dan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu di Pangandaran, Selasa, 19 Oktober 2021. /PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- BMKG memperkirakan sekitar 87 persen wilayah di Indonesia memasuki musim penghujan pada bulan November 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai MKG Wilayah II Ciputat Tangerang Selatan Hendro Nugroho di Pangandaran, Selasa, 19 Oktober 2021.

Tampak hadir Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap Taruna Mina Rachman dan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu.

Hendro mengatakan, untuk di Jabar selatan sekitar 20 persen wilayah sudah memasuki musim penghujan.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Perbolehkan Anak-Anak untuk Pergi Ke Bioskop Selama Mematuhi Protokol Kesehatan

Bahkan kata Hendro, dalam press conference nya kemarin Kepala BMKG dan Deputi Klimatologi mengatakan bahwa badai la nina kemungkinan hadir meskipun lemah sampai sedang,

"Kita terus memantau perkembangan iklim cuaca ini, apakah la nina akan terus berkembang ke arah moderat tinggi atau tidak, nah ini yang sedang kita pantau," kata Hendro.

Menurut Hendro badai la nina bisa meningkatkan curah hujan dari 20 sampai 70 persen di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Prediksi Skor Barcelona vs Dynamo Kiev, Jadwal Tayang, Starting XI: Liga Champions UEFA 2021-22

"Puncaknya akan terjadi di bulan Desember 2021 hingga Februari 2022, dan itu harus kita waspadai, baik itu masyarakat, Pemerintah Daerah atau dinas terkait, Pemerintah Provinsi hingga pusat dengan meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya bencana," kata Hendro.***

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x