BPBD Sikka Imbau Masyarakat Siap Siaga Tsunami, Terutama Daerah Pesisir

- 14 Desember 2021, 14:37 WIB
Ilustrasi Tsunami.
Ilustrasi Tsunami. /freepik/macrovector/

PRIANGANTIMURNEWS- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Muhammad Daeng Bakir mengimbau warga setempat tetap siaga meskipun status potensi tsunami akibat gempa bumi di Laut Flores sudah menurun.

"Kondisi ancaman tsunami yang tadinya berstatus siaga sekarang turun jadi waspada, namun kami mengimbau warga tetap selalu siaga," katanya.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan langkah antisipasi bencana di Kabupaten Sikka menyusul kejadian gempa bumi magnitudo 7,4 di Laut Flores sekitar 113 kilo meter arah utara Maumere pada Selasa 14 Desember 2021 pukul 10.20 WIB.

Baca Juga: Profil Singkat Haji Lulung yang Meninggal Dunia Hari ini, Menjabat Ketua DPW PPP DKI Jakarta

Daeng Bakir menjelaskan berdasarkan informasi terakhir dari BMKG, kekuatan gempa dari sebelumnya dengan magnitudo 7,4 sudah turun jadi 4,1 dan tidak lagi berpotensi tsunami.

"Namun, untuk kami masih terus memantau untuk dua jam ke depan setelah gempa terakhir sebagai upaya antisipasi," ujarnya.

Ia mengatakan tim reaksi cepat saat ini juga sedang berada di lapangan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu siap dan siaga.

Daeng Bakir menjelaskan pihaknya juga memiliki alat peringatan dini yang selalu siap untuk mengimbau masyarakat manakala terjadi ancaman bencana.

Baca Juga: Rizky Nazar Diciduk Polisi Sedang Konsumsi Narkoba di Kediamannya

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x