Menilik Petugas Penyebrangan, Rela Berpanas-panasan Demi Keselamatan Jamaah Haji

- 19 Juni 2022, 12:47 WIB
Potret Petugas Penyebrangan Jamaah Haji
Potret Petugas Penyebrangan Jamaah Haji /Kemenag.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Waktu masih menunjukan pukul 09.00 pagi, namun terik panas matahari sudah menyengat, diperkirakan suhu mencapai 37 derajat.

Sekelompok jemaah haji yang baru keluar dari bus yang yang mengantarnya dari Masjidil Haram bergegas melintas trotoar dan berhenti sejenak untuk ancang-ancang menyeberang jalan yang pagi itu tidak terlalu padat oleh lalu lalang kendaraan.  

Dengan sigap, sua orang petugas dengan rompi hijau terang dan penanda berhenti dengan tulisan STOP warna merah memandu jemaah yang hendak menyeberang. Seorang petugas merentangkan kedua tangannya di tepi trotoar menjaga jemaah, petugas lainnya bersiap berdiri menghadap laju mobil.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Indonesia Liliyana Natsir Masuk BWF Hall of Fame

Setelah dipastikan relatif lengang, kedua petugas tersebut perlahan berjalan menjaga jemaah yang bergegas menyeberang jalan dengan penanda berhenti terus diangkat menghadap arah laju mobil. 

Jalur penyeberangan jemaah yang hendak dan pulang dari Masjidil Haram tersebut berada di Kawasan Mahbaz Jin tempat hotel-hotel di mana sejumlah  jemaah umumnya berasal dari Embarkasi Surabaya menginap. 

Novianto Hakim, petugas haji bidang transportasi yang membantu jemaah menyeberang mengatakan, sejak pukul 06.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Dirinya bersama 5 petugas lainnya sudah siaga.

Baca Juga: WOW! Presiden Jokowi Akan Kurban Sapi Berukuran Jumbo Berbobot 1 Ton 

Untuk tugasnya, dua orang yang membantu menyeberangkan jemaah ke trotoar tengah, dua lagi menunggu di trotoar tengah lalu menyeberangkan ke sisi jalan lainnya, sementara dua laginya bergilir berteduh di halte.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x